MELALUI KEGIATAN WORKSHOP SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BK SMPN 3 MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Bujir Pengawas SMP Negeri Kabupaten Sumbawa
Keywords: Workshop, Kompetensi Pedagogik, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) pengaruh workshop penyusunan perangkat pembelajaran pada kegiatan MGMP Kabupaten Sumbawa dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru BK dalam menyusun perangkat pembelajaran, dan (b) aktivitas guru BKdalam menyusun perangkat pembelajaran selama workshop penyusunan perangkat pembelajaran pada kegiatan MGMP Kabupaten Sumbawa, khususnya SMPN 3 Moyo Hulu digunakan metode penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru BK dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui workshop pada kegiatan MGMP Kabupaten Sumbawa khususnya SMPN 3 Moyo Hulu  Penilaian melalui Rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (perangkat pembelajaran) pada siklus 1 yang mencapai nilai 119, berada pada katagori baik, dan hasil penilaian pada siklus kedua yang mencapai nilai 151, berada pada katagori sangat baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti workshop penyusunan perangkat pembelajaran yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Aktivitas Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (perangkat pembelajaran) selama Kegiatan MGMP pada siklus kesatu yang mencapai nilai 30 atau tergolong baik, dan pada sikulus kedua mencapai nilai 36, yang berati tergolong sangat baik.

References

BSNP. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : BSNP.
Depdiknas. (2003). Revitalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta : Program Pendidikan Menengah Umum.
Depdiknas. (2008). Pedoman Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA / SMK. Jakarta : Dirjen PMPTK.
Makmun, Abin Syamsudin. (2005). Psikologi Kependidikan, Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung : PT. Remaja RoSMPakarya.
Panitia Pelaksana Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 10 Jawa Barat. (2009). Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), Pengawas. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sagala, H. Syaiful. (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta.
Sudjana, H. Nana. (2009). Penelitian Tindakan Kepengawasan, Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Jakarta : Binamitra Publishing.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2022-06-30
How to Cite
Bujir. (2022). MELALUI KEGIATAN WORKSHOP SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BK SMPN 3 MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(2), 124-143. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i2.5067
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.