PENDEKATAN SEMBILAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN SDN 2 KALIJAGA SELATAN

  • Dinah SD Negeri 2 Kalijaga
Keywords: Pendekatan Sembilan, Daya Serap Siswa

Abstract

Persoalan pokok dalam proses pembelajaran ialah bagaimana memilih dan menggunakan strategi belajarĀ  mengajar. Setrategi belajar merupakan alat intraksi didalam proses belajar mengajar. Strategi belajar mengajar yang digunakan harus menimbulkan aktivitas belajar yang baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Sebagian siswa, pembelajaran PKN sangat membosankan karna mereka merasa bisa dan penyampaian materi yang kurang menarik sehingga secara tidak langsung siswa menjadi lemah dalam penangkapan materi tersebut. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. penelitian ini termasuk juga penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaiman suatu teknik pendekatan diterapkan, bagaimana hasilĀ  yang diinginkanĀ  dapat dicapai. Adapun hasil penelitian ini adalah Pembelajaran dengan sembilan macam pendekatan memiliki dampak positip dalam peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (72,73%), siklus II (80,76%), siklus III (88,46 ), artinya, Penerapan sembilan macam pendekatan mempunyai pengaruh positip, yaitu dapat meningkatkan motipasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagaian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan sembilan macam pendekatan sehingga mereka menjadi termotifasi untuk belajar

References

Abdul Mukhlis, (Ed), Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-Guru Se-Kabupaten Tuban.

Abu Ahmadi dan Uhbiyati Nur, (2001). Ilmu Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (1997). Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi PKN dan Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Buchori, M. (1994). Ilmu Pendidikan dan Praktik Pendidikan dalam Renungan. Jakarta: IKIP Muhamadyah Jakarta Press.

Budiningsih. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Cooper, Jemes M. (ed). (1990). Classroom Teaching Skill, (Lexington. Massachusestts Toronto: D.C. Heath and Company.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rinika Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri (2022). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Good, T. L., & Brophy, J. E. (1990). Educational Psycology: A Realistic Approach (4th ed). White Plains, NY: Longman Publishing Company.

Hamali, Oemar. (2002). Psikologo Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Harsono, A. (1997). Evaluasi Formasi dan Aplikasi Log. Jakarta: Schlumberger Oilfield Services.

Masriah. (1999). Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Moh Uzer Usman, (2000). Mejadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, Moh. (2001). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: Universiti Press.Universitas Negeri Surabaya.

Safari, Eka N, Trianotoro dan Saputra. (2012). Manajemen Emosi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiarti, Titik. (1997). Motivasi Belajar. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT, Rineska Cipta.

Usman, Uzer. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Published
2022-09-22
How to Cite
Dinah. (2022). PENDEKATAN SEMBILAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN SDN 2 KALIJAGA SELATAN. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(3), 1-18. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i3.5071

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.