PENERAPAN PENDEKATAN ALAM RAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATAKAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V SDN 2 WANASABA LAUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • H. Sartono SD Negeri 2 Wanasaba Lauk
Keywords: Pendekatan Alam Raya, Minat dan Pemahaman Siswa

Abstract

Memanfaatkan media dan sumber belajar merupakan hal yang harus diupayakan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih menarik perhatian dan keterlibatan siswa sehingga suasana kelas menjadi nampak hidup dan bergairah. Pada pelajaran IPA harus mampu mengaitkan materi-materi pembelajaran dengan lingkungan hidup sekitar siswa. Lingkungan disekitar merupakan media yang mudah ditemukan dan cepat dipahami siswa. Penelitian ini menggunakan Model tindakan yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan kreaktivitas belajar siswa. Adapun hasil Penelitian ini adalah Melibatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran sangat menunjang keberhasilan KBM

References

Alit Mariana.M. (2003), Pembelajaran Remedial. Jakarta ;Depatemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat.Tenaga Kependidikan.

BasukiWibawa. (2003), Penelitian Tindakan Kelas (PTK)). Jakarta ;Depatemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat.Tenaga Kependidikan.

Rusdi dan Nurlaena Isnawati, 2009. “Awas Anda Bisa Mati Cepat Akibat Hipertensi dan Diabetes”. Yogyakarta: Powerbooks Publishing.

Sukarman. H. (2003), Dasar-dasar Didaktik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. Jakarta ; Depatemen Pendidikan Nasional.

Sutarto, 1995. Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Udin S. Winataputra, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K.; Julaeha, S; dan Marsinah, N. (2004).Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K.; Wihardit, K, dan Nasoetion, N. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2022-09-22