PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI SMPN 1 LENANGGUAR KABUPATEN SUMBAWA
Keywords:
Metode Inkuiri, Hasil Belajar, Pembelajaran PAI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa binaan guru SMPN 1 Lenangguar Kecamatan Lenangguar Kabupaten Sumbawa dengan menggunakan metode inkuiri. 2. Untuk mengetahui apakah penggunaan metode inkuiri dapat meingkatkan kemampuan siswa binaan guru SMPN 1 Lenangguar Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1.Keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat ditingkatkan melalui pemberian motivasi dan pengadaan variasi mengajar, 2.Kemampuan dan keberhasilan siswa dalam mengomentari suatu masalah dapat ditingkatkan dengan cara siswa menemukan sendiri masalah yang dikomentarinya (inquiri), 3.Pemahaman siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan alat peraga secara optimal, 4.Memeriksa pemahaman siswa pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajarReferences
Azmiyawati, Choiril, (2008). IPA 5 Saling Temas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mikarsa, Lestari, Hera, (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta.
Nasution, Noehi, (2005). Pendidikan IPA di SD. Jakarta.
Santosa, Puji, (2008). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta.
Sumardi, Yosaphat, (2004). Konsep Dasar IPA I. Jakarta.
Mikarsa, Lestari, Hera, (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta.
Nasution, Noehi, (2005). Pendidikan IPA di SD. Jakarta.
Santosa, Puji, (2008). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta.
Sumardi, Yosaphat, (2004). Konsep Dasar IPA I. Jakarta.
Published
2022-09-30
How to Cite
Nurdin. (2022). PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI SMPN 1 LENANGGUAR KABUPATEN SUMBAWA. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(3), 49-55. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i3.5081
Section
Articles
Copyright (c) 2022 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.