STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE EKSPOSITORI KELAS VI MI NW BORO TUMBU

  • rulyandi rulyandi IAIH NW Lombok Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan kendala guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik melalui metode ekspositori di kelas VI MI NW Boro Tumbu. Jenis penilitian ini kualitatif. Penentuan informan dilkukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan metode ekspositori pada tahap awal memberikan motivasi kepada peserta didik baik melalui kata-kata ataupun yang lainnya kemudian ditahap ahir guru memberikan hadiah atau penghargaan kepada siswa yang dapat menyelesaikan tugas atau soal yang telah diberikan. Adapun kendala dalam penerapan metode ekspositori sebagai upaya meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas VI MI NW Boro Tumbu yaitu; a) Kurangnya perhatian dan pemahaman dari siswa, b)  Tidak semua siswa aktif dikarenakan kemampuan siswa yang berbeda-beda, c) Tidak ada dorongan dari orang tua terhadap siswa dan tidak ada kerjasama antara guru dan orang tua siswa, d) waktu belajar tatap muka yang terbatas.

References

Afandi Muhammad dkk, 2013, Model Dan Metode Pembelajaran, Semarang, Online, cyber.unissula.ac.id. Diakses tgl 8 juni 2020. Academia.edu
Djamarah dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Hamalik Oemar, 2008, Proses belajar Mengajar, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Hanifah Nur, 2015, Pengaruh Minat Belajar Lingkungan Teman Sebaya dan Persepsi siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, online, core.ac.uk. Diakses tgl 9 juni 2020.
Maimun, 2015, Kiat Sukses Menjadi Guru Halal, LEPPIM IAIN, Mataram.
Moleong, J.L, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosidakarya, Bandung.
Rahmatullah, 2018, Strategi Guru Dalam Mengatasi Problematika Peserta Didik di kelas VI MI NW Boro’tumbuh, Skripsi, IAIH NW Lombok Timur.
Syah Muhibbin, 2012, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sunarto Wisnu dkk, 2008, Hasil Belajar Kimia Siswa Dengan Model Pembelajaran Metode Think-Pair-Share dan Metode Eksposioteri, Vol 2, No 1: 246, Online, journal.unnes.ac.id, Diakses tgl 8 juni 2020.
Simbolon Naeklan, 2014, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik, Elementary School Journal pgsd Fip Unimed 1 (2). Online, jurnal.unimed.ac.id, Diakses tgl 7 juni 2020.
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Tafsir Ahmad, 2014, Filsafat Pendidikan Islam, PT. Remaja rosdakarya, Bandung.
Wahyuni Lisa, 2015, Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Siwa, Basic Education 4 (11), Online, journal.student.unyac.id, Diakses tgl 7 juni 2020.
Published
2021-09-30
How to Cite
rulyandi, rulyandi. (2021). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE EKSPOSITORI KELAS VI MI NW BORO TUMBU. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(3), 43-51. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i3.5118

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.