PROBLEMATIKAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI SYAIKH ZAINUDDIN NW ANJANI LOMBOK TIMUR

  • rulyandi rulyandi IAIH NW Lombok Timur
Keywords: Problematika guru, pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di MI Syaikh Zainuddin Nw Anjani . (2) problematika guru dalam menerapkan pembelajaran tematik kurikulum 2013 di MI Syaikh Zainuddin Nw Anjani. (3) solusi untuk menyelesaikan problematika guru dalam menerapkan pembelajaran tematik kurikulum 2013 di MI Syaikh Zainuddin Nw Anjani. Penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini terdapat beberapa kendala atau problem  diantaranya; mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, kurangnya siswa dalam menerima pembelajaran tematik, dan dalam hal penilaian. Dari adanya kendala tersebut juga terdapat solusi yaitu dengan melakukan komunikasi dan kerja sama yang baik dari guru dengan kepala madrasah,  guru dengan sesama guru, guru dengan siswa. Selain itu, dari pihak madrasah mengadakan pelatihan-pelatihan khusus seperti Bimtek untuk guru-guru dalam meningkatkan pengetahuan guru dalam penggunaan IT dan dalam meningkatkan pengetahuan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik pada kurikulum 2013

References

Abdul Majid. 2014.Pembelajaran TematikTerpadu,Bandung: Remaja Rosdakarya.
Depdiknas.2006.ModelPembelajaranTematikKelas Awal Sekolah Dasar.Jakarta: Puskur Balitbang.
Deni Kurniawan. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, danPenilaian), Bandung: Alfabeta,cv.
Lexi J, Moleong. 2007 .Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT .Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar NasionalPendidikan.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori, Praktik, dan Penilaian), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2011.Metodologi Penelitian kuantitatif, Kualitatif R &D .Bandung : Alfabeta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep,Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara.
Tutik Rachmawati. 2016. Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu. (Online) http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/edukasi/991-tutik-rachmawati,diunduh 29-06-2020.
Uum Murfiah. 2017. Pembelajaran Terpadu (Teori & Praktik Terbaik di Sekolah), Bandung: PT Refika Aditama.
Published
2022-09-30
How to Cite
rulyandi, rulyandi. (2022). PROBLEMATIKAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI SYAIKH ZAINUDDIN NW ANJANI LOMBOK TIMUR. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(3), 65-72. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i3.5121

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.