PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHAER (TPS) MASA PANDEMI COVID 19

  • Ikhtiar SMP Negeri 1 Pringgasela

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran belajar mengajar pada materi luas dan keliling bangun datar dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama interaksi siswa dengan kelompoknya. Dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shaer (TPS), hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung dengan kegiatan berkelompok tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan Hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shaer (TPS)  pada siswa kelas VIII.7 SMPN 1 Pringgasela melalui model Pembelajar Kooperatif Tipe Think Pair Shaer (TPS). Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 70%, dapat meningkat menjadi 85 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajar Kooperatif Tipe Think Pair Shaer (TPS) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan ketuntasan mencapai 93,75% pada  Siklus II .

References

Depdiknas.
BSNP. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: BSNP.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas, 2006. Permen Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta : PT.Raja Grafindo persada
Mulyani Sumantri dan Johar Permana. 1999. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Santika, I. G. N. 2021. Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Lakeisha
Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Arikunto, Suharsimi et.al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.
Ruhimat, Toto. 2011. Kurikulum & Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada
Published
2022-12-23
How to Cite
Ikhtiar. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHAER (TPS) MASA PANDEMI COVID 19 . Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(4), 17-29. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i4.5178

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.