MELALUI KEGIATAN WORKSHOP SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BK SMPN 3 MOYO HULU

  • Bujir Pengawas SMP Negeri Kabupaten Sumbawa
Keywords: Workshop, Kompetensi Pedagogik Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) pengaruh workshop penyusunan perangkat pembelajaran pada kegiatan MGMP Kabupaten Sumbawa dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru BK dalam menyusun perangkat pembelajaran, dan (b) aktivitas guru BKdalam menyusun perangkat pembelajaran selama workshop penyusunan perangkat pembelajaran pada kegiatan MGMP Kabupaten Sumbawa, khususnya SMPN 3 Moyo Hulu digunakan metode penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru BK dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui workshop pada kegiatan MGMP Kabupaten Sumbawa khususnya SMPN 3 Moyo Hulu  Penilaian melalui Rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (perangkat pembelajaran) pada siklus 1 yang mencapai nilai 119, berada pada katagori baik, dan hasil penilaian pada siklus kedua yang mencapai nilai 151, berada pada katagori sangat baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti workshop penyusunan perangkat pembelajaran yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Aktivitas Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (perangkat pembelajaran) selama Kegiatan MGMP pada siklus kesatu yang mencapai nilai 30 atau tergolong baik, dan pada sikulus kedua mencapai nilai 36, yang berati tergolong sangat baik.

References

Bahan Workshop KTSP, Pengembangan Bahan Ajar dan Media, Depdinas 2007
Bobbi DePorte & Mike Hernacki. (2000) Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung
Danial, Endang AR., Dr. H. M.Pd. (2003) Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat PLP, Dirjendikdasmen, Depdiknas. Jakarta
Depdiknas. (2002) Pedoman Pembangunan Karakter Bangsa di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta
Depdiknas. (2003) Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta
Depdiknas. (2005) Paket Pelatihan 1 Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar melalui Manajemen Berbasis Sekolah, Peran Serta Masyarakat, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Depdiknas. Jakarta
Depdiknas. (2009) Draf Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa . Depdiknas. Jakarta
Hasibuan dan Moedjino. (1996) Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.
Hidayat, Kosadi, dkk.. (1987) Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Bina
Indonesia (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Published
2022-12-30
How to Cite
Bujir. (2022). MELALUI KEGIATAN WORKSHOP SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BK SMPN 3 MOYO HULU. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(4), 77-88. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i4.5198

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.