STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QURAN DENGAN TARTIL DI MADRASAH TSANAWIYAH RAUDATUL HIKAM NW BANYU URIP LOMBOK TENGAH

  • Azhar Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
Keywords: Strategi Guru, Kemampuan Membaca al-Qur’an

Abstract

Perubahan paradigma dalam pendidikan pada dasarnya adalah melakukan tindakan yang berbeda berdasarkan pola fikir yang sesuai dengan perkembangan lingkungan. Masalah yang dihadapi sekarang tidak mungkin diselesaikan dengan cara lama yang telah menimbulkan masalah yang yang kita hadapi. Mata pelajaran al-Qur’an merupakan bagian dari mata pelajaran agama Islam di madrasah Thanawiyah yang digunakan untuk mengarahkan pemahaman dan penghayatan siswa terhadap isi kandungan al-Qur’an, yang diharapkan dapat diimplementasikan melalui prilaku yang memancarkan iman taqwa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mata pelajaran al-Qur’an, guru harus memastikan bahwa siswa-siswinya bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.      Hal ini sesuai dengan keputusan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor 128 tahun 1982 dan Nomor 44 tahun 1982 tentang usaha meningkatkan kemampuan membaca tulis al-Qur’an bagi umat Islam dan dalam rangka penghayatan dan pengamalan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Adapun metode atau pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang belum lancar membaca al-Quran dengan tartil, dan masih kurangnya strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat membca al-Quran  dengan tartil.

References

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
As Shalih Subhi, Membahas Ilmu-Ilmu Hadi>th (terj.). Jakarta: Pustaka Firdaus, 1995.
Ash Shiddieqy M. Hasbi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadi>th. Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputra Press, 2002.
Az Zarnuji, Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu , Judul asli Ta’lim Muta’allim, terj. Aly As’ad. Yogyakarta: Menara Kudus, 1978.
Departemen Agama RI, Al Qur`andan Terjemahnya. Jakarta: PT. Intermasa, 1993.
-----------------------------, Peraturan Menteri Agama RI No. 2 Tahun 2008.
Hamalik Oemar, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.
Ibrahim T., Darsono, Pemahaman Al Qur`andan Hadi>th I. Solo, PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
Marno & M. Idris, Strategi & Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2012.
Syafri Ulil Amri, Pendidikan Karakter Berbasis Al-qur`an. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Published
2023-03-31
How to Cite
Azhar. (2023). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QURAN DENGAN TARTIL DI MADRASAH TSANAWIYAH RAUDATUL HIKAM NW BANYU URIP LOMBOK TENGAH. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 4(1), 1-20. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v4i1.5306

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.