PENGARUH METODE MUHADATSAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA
Keywords:
Metode muhadatsah, keterampilan berbicara
Abstract
Metode muhadatsah yaitu cara menyajikan bahan pelajaran bahasa Arab melalui percakapan. Percakapan tersebut akan disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari pada proses pembelajaran yang akan berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif exspost facto, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel Pengaruh Metode Muhadatsah dan Variabel Keterampilan Berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode muhadatsah terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII MTs Zainuddin Atsani NW Pringgabaya. Sampelnya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 18 siswa. Uji prasyaratan analisis digunakan uji normalitas dan uji linearitas, Sementara untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis regresi sederhana.Hasil analisis membuktikan bahwa Metode muhadatsah secara langsung berpengaruh signifikan secara positif terhadap keterampilan berbicara bahasa arab siswa. Berdasarkan nilai t: diketahui nilai Sig. Untuk pengaruh metode muhadatsah (X) terhadap keterampilan berbicara (Y) adalah sebesar 0,000 < 0.05 dan nilai t hitung sebesar 2,790 > t tabel 2.052. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh metode muhadatsah terhadap keterampilan berbicara bahasa arabReferences
Asrori, I. 2014. Strategi Belajar Arab: Teori & Praktek. Malang: CV. Misykat.
Hidayat, N.S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Pemikiran Islam, 37(1) 83.
Fahrurozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. 1(2). 7.
Mustofa, H. B. 2020. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab . Malang: CV UIN Maliki Press.
Moleong, Lexy J. , 2005. Metode penelitian kualitatif, Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
.2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. ALFABETA.
Umbu Z,Aprianus & Arifin, Z. 2020. Metodologi Penelitian Ilmiah. Jogjakarta: CV KMB Indonesia.
Hidayat, N.S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Pemikiran Islam, 37(1) 83.
Fahrurozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. 1(2). 7.
Mustofa, H. B. 2020. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab . Malang: CV UIN Maliki Press.
Moleong, Lexy J. , 2005. Metode penelitian kualitatif, Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
.2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. ALFABETA.
Umbu Z,Aprianus & Arifin, Z. 2020. Metodologi Penelitian Ilmiah. Jogjakarta: CV KMB Indonesia.
Published
2023-03-31
How to Cite
Muhammad Hasyim. (2023). PENGARUH METODE MUHADATSAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 4(1), 21-37. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v4i1.5308
Section
Articles
Copyright (c) 2023 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.