PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERBAIKAN MORALITAS REMAJA

  • Ana Cahayani Fatimah STAI AL- FURQAN MAKASSAR
  • Mulyadin STIT Sunan Giri Bima
Keywords: Pendidikan Keluarga, Moralitas Remaja

Abstract

Remaja  merupakan salah satu kelompok usia yang rentan terhadap permasalahan moralitas dan perilaku negatif. Fenomena ini menarik perhatian banyak pihak karena dampaknya terhadap masa depan individu dan masyarakat. Salah satu faktor penting dalam membentuk moralitas remaja adalah pendidikan keluarga. Pendidikan keluarga mempunyai peran yang urgendidalam  membentuk moralitas remaja. Dimana lingkungan keluarga mmerupakan lingkungan yang utama dan pertama di mana remaja memperoleh nilai-nilai, norma, dan sikap terhadap hidup. Ketika keluarga memberikan pendidikan moral yang kuat dan konsisten, remaja cenderung memiliki landasan moral yang kokoh. Selain itu, komunikasi yang terbuka antara orang tua dan remaja juga memiliki peran penting dalam membentuk moralitas remaja. Ketika orang tua mampu mendengarkan dan memahami perasaan serta perspektif remaja, mereka dapat memberikan bimbingan moral yang lebih efektif dan relevan dengan tantangan yang dihadapi remaja saat ini

References

Ana Maria Ulfa, Urgensi Pendidikan Moral Dan Keimanan Pada Anak Dalam Keluarga, (Institut Agama Islam Negeri: 2017), 9-10

Andri Hardiyana, Dkk, Efektivitas Pendidikan Anak Di Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Moral Anak Usia Dini, (Indonesian Journal Of Early Childhood Education), Jurnal, Vol. 5 - No. 1, (2022), Dikutip Tanggal 12/12/2022, Jam 11.29

Audah Mannan, Pembinaan Moral Dalam Membentuk Karakter Remaja, Studi Kasus Remaja Peminum Tuak di Kelurahan Suli Kecamatan Suli Kabupaten Luwu, jurnal Vol. III - No. 1, (2017), jam 7. 05

Darling, N., & Steinberg, L. (1993). Parenting style as context: An integrative model. Psychological Bulletin, 113(3), 487-496. doi:10.1037/0033-2909.113.3.487

Dayun Riadi, Dkk, Ilmu Pendidikan Islam (Pustaka Pelajar: Yogyakarta, 2017)

Grusec, J. E., & Goodnow, J. J. (1994). Impact of parental discipline methods on the child's internalization of values: A reconceptualization of current points of view. Developmental Psychology, 30(1), 4-19. doi:10.1037/0012-1649.30.1.4

Lamborn, S. D., Mounts, N. S., Steinberg, L., & Dornbusch, S. M. (1991). Patterns of competence and adjustment among adolescents from authoritative, authoritarian, indulgent, and neglectful families. Child Development, 62(5), 1049-1065. doi:10.2307/1131151

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam (Pustaka Pelajar: Yogyakarta, 2014), 318-320

Https://Www.Smadwiwarna.Sch.Id/Faktor-Yang-Mempengaruhi-Pendidikan-Di-Indonesia, Tanggal 22/03/2023, Jam 15.07

Syekhnurjati.Ac.Id/Esscamp/Risetmhs/Bab358511441.Pdf, Dikutip Tanggal 06/12/2022
Published
2023-03-31
How to Cite
Ana Cahayani Fatimah, & Mulyadin. (2023). PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERBAIKAN MORALITAS REMAJA. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 4(1), 68-77. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v4i1.5532

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.