TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani

Abstract

Abstarak: Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Dunia pendidikan juga ikut merasakan dampaknya. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Pendidik dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), telegram, instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, pendidik dapat memastikan peserta didik mengi-kuti pembelajaran dalam waktu bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda. Pendidik pun dapat memberi tugas terukur sesuai dengan tujuan materi yang disampaikan kepada peserta didik. Tapi, kasus yang banyak terjadi ketika penerapan sistem pembelajaran online ini di antaranya, tidak meratanya siswa dan orang tua siswa yang pandai mengoperasikan media online, tidak semua orang tua siswa mampu membeli kouta internet, sinyal internet di rumah siswa tidak terjangkau, sebagian besar orangtua murid yang kondisi ekonominya pas-pasan, juga tidak memiliki ponsel pintar atau smartphone sebagai sarana belajar secara online untuk anak mereka.dan kurang terkontrol disebabkan tidak langsung tatap muka.    

References

Ahmad Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Dabbagh, N. and Ritland. B. B, Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson, 2005.
DeVito. Joseph A, Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Alih Bahasa Maulana. Agus, Tangerang Selatan : Karisma, 2011.
Dryden, Gordon and Vos. J, Revolusi Cara Belajar, Bandung: Kaifa, 2001.
Mayer, R. E, Multi Media Learning Prinsip-Prinsip Dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Miarso, Y, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali, 2004.
Muhammad, Komunikasi Organisasi, Yogyakarta: Bumi Aksara, 2007.
Nasution, S, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Rada, R, Understanding Virtual Universities, USA: Intellect, 2001.
Ulyan Nasri, Akar Historis Pendidikan Perempuan: Refleksi Pemikiran TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Yogyakarta: Deepublish, 2015.
_____, Bersahabat dengan Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu, Mataram: CV. Haramain Lombok, 2018..
_____, Menjemput Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Semesta Ilmu, 2016.
_____, Nasri, Pemikiran Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Tentang Pendidikan Islam Perempuan dan Implementasinya di Madrasah Nahdlatul Banat Diniyah Islamiyah di Lombok, Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Published
2020-07-07
How to Cite
Zainuddin Atsani, K. L. G. M. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.