UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU AGAMA
Keywords:
Upaya Kepala Madrasah, Kompetensi Guru-guru Agama
Abstract
Kepala madrasah MA Darul Muttaqien NW Penujak telah berupaya meningkatkan kompetensi guru dengan melakukan upaya yaitu menjalin hubungan kerja sama dengan guru-guru. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan uji kredabilitas yang dibuktikan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kepala madrasah telah melakukan upaya dalam meningkatkan kompetensi guru-guru agama pada MA Darul Muttaqien NW Penujak dengan cara menjalin hubungan kerjasama dengan guru seperti menganggap guru-guru sebagai mitra kerja, teman seperjuangan, saling memberi masukan. Berusaha mempertinggi ilmu pengetahuan guru-guru dan mengadakan diskusi antara dewan guru.References
Agustiningsih, D. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Interaksi Pembelajaran. Metro: Rajawali Press.
Atmadiwiryo, S. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta
Ghozali, A. & Fuaduddin. (2007). Kepemimpinan Kepala Madrasah yang Efekti. Jakarta:Badan Litbang dan Diklat Pusdiklat Tenaga Administrasi.
Hamalik, O. (2010). Pendidkan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Haryadi, L. F. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19-27.
Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soemanto, W., Soetopo, H. (1982). Dasar dan Teori Pendidkan Dunia, Tantangan Para Pemimpin Dunia. Surabaya: Usaha Nasional.
Sulistiyorini. (2001). Hubungan Antara Keterampilan Menejerial Kepela Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Jakarta: Media Ilmu.
Tilaar, H.A.R. (2003). Menejemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, S. (2014). Meningkatkan mutu Pendidikan Melalui Penerapan Menejemen Berbasis Sekolah, Jurnal Ilmiah. Aceh: Didakta.
Usman, U. (1999). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zulkifli, M. (2018). Manajemen Personalia Lembaga Pendidikan Islam (Studi di Madrasah Ibtidaiyah NW No. 1 Boro’Tumbuh). Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI, 3(2), 31-39.
Zulkifli, M. (2020). The Implementation of Personnel Management in Improving the Quality of Education in Madrasah Ibtidaiyah NW Korleko. Al-Mujahidah, 1(1), 1-10.
Atmadiwiryo, S. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta
Ghozali, A. & Fuaduddin. (2007). Kepemimpinan Kepala Madrasah yang Efekti. Jakarta:Badan Litbang dan Diklat Pusdiklat Tenaga Administrasi.
Hamalik, O. (2010). Pendidkan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Haryadi, L. F. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19-27.
Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soemanto, W., Soetopo, H. (1982). Dasar dan Teori Pendidkan Dunia, Tantangan Para Pemimpin Dunia. Surabaya: Usaha Nasional.
Sulistiyorini. (2001). Hubungan Antara Keterampilan Menejerial Kepela Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Jakarta: Media Ilmu.
Tilaar, H.A.R. (2003). Menejemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, S. (2014). Meningkatkan mutu Pendidikan Melalui Penerapan Menejemen Berbasis Sekolah, Jurnal Ilmiah. Aceh: Didakta.
Usman, U. (1999). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zulkifli, M. (2018). Manajemen Personalia Lembaga Pendidikan Islam (Studi di Madrasah Ibtidaiyah NW No. 1 Boro’Tumbuh). Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI, 3(2), 31-39.
Zulkifli, M. (2020). The Implementation of Personnel Management in Improving the Quality of Education in Madrasah Ibtidaiyah NW Korleko. Al-Mujahidah, 1(1), 1-10.
Published
2021-12-29
How to Cite
Habib Tamtawi, M. Ikhwanul Hakim, & Muyassaroh Zaini. (2021). UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU-GURU AGAMA. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(4), 20-28. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i4.4702
Section
Articles
Copyright (c) 2022 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.