MODEL PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU SDN BELEKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BCCT (Penelitian Tindakan pada Guru SDN Beleka Kecamatan Praya Timur)

  • ABDULLATIF ABDULLATIF SDN Beleka
Keywords: Model, Kemampuan Mengajar, BCCT, Action Reseach

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di SD menggunakan pendekatan BCCT, serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengajar Guru SD sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan BCCT. Penelitian ini dilakukan pada guru-Guru SDN Beleka, Tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang menggunakan metodologi gabungan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model Kemmis –Taggart dan penelitian kualitatif James Spradley.   Data Penelitian terdiri dari dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitaif dianalisis dengan perbedaan mean (uji t) yang membandingkan hasil asesmen awal dan akhir. Dari perhitungan uji t, hasil nilai asesmen dengan tingkat signifikansi 5% diperoleh t hitung 40,901, sedangkan dari tabel t dengan df 29 adalah 2,045. (t hitung > t tabel). Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Data kualitatif dianalisis dengan analisis domain, taksonomik, komponen, dan tema setelah data dikumpulkan dengan observasi dan rekaman. Dari analisis tema diperoleh temuan lapangan berupa cara: 1) menentukan ragam main yang sesuai dengan kebutuhan anak yaitu tiga tempat main setiap anak, 2) merumuskan konsep/kosakata sesuai tema untuk memperluas bahasa anak, 3) menentukan aturan dan harapan main dalam bahasa positif. Hasil penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1) perbedaan mean (uji t) antara asesmen awal dan asesmen akhir, 2) Perbedaan analisis tema antara siklus I dan siklus II.
Published
2019-08-27
How to Cite
ABDULLATIF, A. (2019). MODEL PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU SDN BELEKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BCCT (Penelitian Tindakan pada Guru SDN Beleka Kecamatan Praya Timur). Al Ilm Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 72-85. https://doi.org/10.1234567/al ilm.v1i1.3399
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.