PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD
Keywords:
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), media konkret, IPA
Abstract
Abstrak: Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang energi siswa kelas III SD, mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA tentang energi dengan penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret siswa kelas III SD, dan mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang energi siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas III SD.
Published
2019-08-27
How to Cite
SAKBAN, S. (2019). PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD. Al Ilm Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 50-61. https://doi.org/10.1234567/al ilm.v1i1.3401
Issue
Section
Articles