Landasan Filosofis Pendidikan Agama Islam: Telaah Kajian Teoritik dalam Upaya mempekokoh Landasan Filsafat Pendidikan Islam

  • moh hilmi stis harsyi

Abstract

Tulisan ini memuat kajian filsafat pendidikan Islam yang secara khusus bertujuan ingin melihat secara lebih dalam mengenai upaya memperkokoh landasan filosofis pendidikan Islam dalam sebuah kerangka keilmuwan yang digambarkan oleh Muhammad Jawwad Ridla yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu Agama Islam. Adapun pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini adalah pendekatan metodik. Pendekatan ini digunakan untuk mencari dan menemukan hakikat kebenaran dan hasil yang sesui (relevan) dengan maksud dari permasalahan yang diajukan. Berdasarkan hal itu, maka kesimpulan dalam tulisan ini adalah terdapat beberapa landasan pokok yang dapat dijadikan sebagai bangunan dasar untuk memahami tentang hakikat pendidikan Islam diantaranya adalah ontologi ilmu agama Islam, epistemologi ilmu agama Islam, dan aksiologi ilmu agama Islam

References

Daftar Pustaka
Abdullah, Amin. Al-Ta’wil Al-Ilmi: Kearah Perubahan Paradigm Penafsiran Kitab Suci, Al-Jami’ah, Vol. 39, 2 Juli-Desember 2001.
Abdurrahman Shalih, Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut al-Qur’an Serta Implementasinya, (Bandung: CV. Diponogoro, 1991).
Al-Taftazani, Abul Wafa Al-Guneimi, “Islamic Education: Its Principles and Aims”, Muslim Education, Vol. 4, no. 1, Islamic Academy, Cambridge, 1986.
Al-Faruqi, Ismail, Islamisasi Ilmu Pengetahuan, Terj. Mustafa Kasim, (Jakarta: Lontar Utama, 2000).
Asy’ari, Musa. Filsafat Islam: Sunnah Nabi Dalam Berpikir, (Yogyakarta: LESFI, 2010).
Ashraf, SA, New Horizons in Muslim Education, (Cambridge: The Islamic Academic, 1985).
Hamka, Tafsir al-Azhar, Juz XXX, (Jakarta: Panji Mas, 2004).
Ismail, Faisal, Masa Depan Pendidikan Islam di Tengah Kompleksitas Tantangan Moderniatas, (Jakarta: Bakti Aksara persada, 2003).
Inayah, Sohaildan Gail Baxwell, Islam, Postomodernism and Other Future, A Ziauddin Sardar Readers (London: Pluto Press, 2000).
Kattsoff, Louis,Pengantar Filsafat, (Jogjakarta: Tiara Wacana, 1995).
H. Titus, Harold, Dkk. Persoalan-Persoalan Filsafat, Terj. H.M. Rasjidi (Bulan Bintang: Jakarta, 1984).
Ridla, Muhammad, Jawwad, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam, (Persfektif Sosiologis-Filosofis) Terj. Mahmud Arif, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002).
Russel, Bertrand, Sejarah Barat dan Kaitannya Dengan Kondisi Sosio Politik Zaman Kuno Hingga Sekarang, Terj. Sigit, Dkk (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002).
Sahrur, Muhammad, Nahwu Usulul Jadidah li al-Fiqh al-Islamiy (Damaskus: al-Ahasi, 2000).
Shihab, M. Quraish, Membumikan al-Qur’an, (Jakarta: Mizan, 1999).
Published
2019-09-18
How to Cite
hilmi, moh. (2019). Landasan Filosofis Pendidikan Agama Islam: Telaah Kajian Teoritik dalam Upaya mempekokoh Landasan Filsafat Pendidikan Islam. Al Ilm Jurnal Ilmu Hukum, 1(No 2), 80-96. https://doi.org/10.1234567/al ilm.v1i1.3638
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.