Tinjauan Pernikahan di Bawah Umur (Dini) Perspektif Hukum Islam

  • Hamdan Hamdan STIS Harsyi
Keywords: Pernikahan di Bawah Umur, Hukum Islam

Abstract

Diberbagai wilayah, daerah di Indonesia, baik di perkampungan, pedesaan maupun di perkotaan, pernikahan di bawah umur bukanlah kasus yang baru terjadi, melainkan sudah sejak lama. Penyebab pernikahan di bawah umur ini terjadi sangat bervariasi, mulai dari faktor ekonomi, lingkungan, pendidikan yang minim hingga dangkalnya pemahaman orang tua tentang nilai-nilai budaya dan agama. Ketika kita menulusuri fenomena pernikahan di bawah umur, hal ini telah menjadi sesuatu yang lumrah dilakukan oleh orang tua dan nenek moyang kita. Bahkan, ketika pernikahan dilakukan pada usia yang matang, maka akan muncul stigma negative dalam lingkungan mereka. Hal ini bukan saja menimbulkan beban psikologis bagi para orang tua, tetapi menjadi beban dalam melakukan segala aktivitasnya. Tulisan ini akan melakukan branding hukum Islam terhadap pernikahan di bawah umur.

References

Abu Al-Ghifari, 2003. Pernikahan Dini, Bandung: Mujahid.
Arif Ainur Rafiq, 2005, Sistem Psikologi Perkembangan, Surabaya:Arloj.
Beni Ahmad Saebani, 2008, Filsafat Hukum Islam, Bandung: Pustaka Setia
Kementerian Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahnya
Republik Indonesia,1990. “Undang-Undang R.I No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan“ Cet.II; Surabaya: Pustaka Tinta Mas.
Zaki Fuad Chalil,1996, “Tinjauan Batas Minimal UsiaKawin; StudiPerbandinganAntaraKitabh-KitabFikihdanUndang-UndangPerkawinan di Negara Negara Muslim, “MimbarHukumVII, no. 26.
Published
2020-03-06
How to Cite
Hamdan, H. (2020). Tinjauan Pernikahan di Bawah Umur (Dini) Perspektif Hukum Islam. Al Ilm Jurnal Ilmu Hukum, 1(No 2), 72-80. https://doi.org/10.1234567/al ilm.v1iNo 2.3780
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.