Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Dan Hadits

  • Elfa Yuliana IAI Hamzanwadi NW Pancor

Abstract

Pendidikan adalah faktor penting terhadap eksistensi sebuah peradaban, melalui pendidikan yang benar, maka kemajuan suatu bangsa akan dapat tercapai. Disisi lain anak adalah generasi penerus umat. Di dalam Islam, pentingnya pendidikan mendapatkan porsi yang besar. Islam memiliki metode dan sarana pendidikan yang sangat berpengaruh dalam pembentukan akidah dan akhlak anak, dalam pembentukan pengetahuan, mental dan sosialnya. Sehingga anak dapat mencapai ciri-ciri kesempurnaannya. Tujuan Pendidikan adalah mendekatkan diri kepada Allah, kebahagiaan dunia akhirat dan pengembangan potensi, manusia adalah makhluk yang memiliki potensi  untuk beriman dan tendensi  pada agama yang benar yang datang dari Allah. Dalam Al-Qur’an dan Hadits, potensi tersebut disebut sebagai fitrah. Sedangkan  metode pendidikan yang sangat berpengaruh dalam pembentukan anak menurut Abdullah Nashih Ulwan yaitu: Mendidik dengan Keteladanan, Mendidik dengan kebiasaan, Mendidik dengan nasehat, Mendidik dengan perhatian/ pengawasan dan mendidik dengan hukuman.

Author Biography

Elfa Yuliana, IAI Hamzanwadi NW Pancor
IAI Hamzanwadi NW Pancor
Published
2018-09-21
How to Cite
Yuliana, E. (2018). Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Dan Hadits. Al-Irfani : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(2), 93 - 103. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alirfani/article/view/3276

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.