Pengembangan Zakat sebagai Instrumen Ekonomi Islam antara Idealitas dan Realitas

  • Ahmad Zaini Dahlan STID Mustafa Ibrahim al-Islahuddiny Kediri
Keywords: Zakat, Idealitas, Realitas

Abstract

Zakat merupakan sumber dana yang mantap pencairannya baik secara sukarela maupun kewajiban. Jika pengeluaran zakat kepada pemerintah secara sukarela banyak terjadi karena ketaatan kaum muslimin pada pendekatan hati, mereka lebih kuat dari pada pengorbanan apapun, akan tetapi adanya pengingkaran pembayaran zakat mengharuskan pemerintah untuk mengambil secara paksa. Kewjiban zakat sangat mendukung para penyimpan harta untuk mengaktifkan harta simpanannya (menginvestasikan) dengan cara dapat menambah daya produktivitas untuk ekonomi. Dengan demikian mendorong untuk investasi dalam ekonomi Islam lebih kuat dibandingkan dorongan yang ada dalam ekonomi lain. Terjadinya pengeluaran zakat dari hasil keuntungan bersih investasinya dan perlindungan terhadap aset pokok serta pengembangannya.     Kata kunci: Zakat, antara Idealitas dan Realitas

References

Afzalur Rahman, Doktrin Ekonomi Islam, Jilid3, (Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1996)Alwi Shihab, Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, (Bandung, Mizan, 1999)
Arif Mufraini, Akuntansi dan Manajemen Zakat: Mengkonsumsikan Kesadaran dan Membangun Jaringan, (Jakarta: Kencana, 2006)
Eko Suprayitno, Kebijakan Fiskal Zakat dan Pajak pada Perekonomian: Studi Komperatif Ekonomi Islam, Klasik dan Keynes, dalam Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, vol. 9. No. 2, (Malang: UIN Malang Press, 2008)
Heri Sucipto, Islam Madzhab Tengah: Persembahan 70 tahun Tarmizi Taher, (Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu, 2007)
Jusmaliani & Muhammad Soekarni (Eds.), Kebijkan Ekonomi dalam Islam, (Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2005)
Kadar, Pembelaan al-Qur’an Kepada Kaum Tertindas, ( Jakarta: Amzah,2005 )
Muhammad Daud Ali, Sistem Ekonomi Islam, Zakat dan Wakaf, (Jakarta: UI Press, 1998)
M Yatimi Abdullah, Studi Islam Kontemporer, (Jakarta: Amzah, 2006)
Muhammad, Zakat Profesi: Wacana Pemikiran dalam Fiqih Kontemporer, (Jakarta: Salimba Diniyah, 2002)
M. Umar Chapra, Islam dan Tantangan Ekonomi: Islamisasi Ekonomi Kontemporer, (Surabaya: Risalah Gusti,1999)
Mursyidi, Akuntasi Zakat Kontemporer, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003)
Syarifudin Abdullah, Zakat Profesi, (Jakarta: Moyo Segoro Agung, 2003)
Yusuf Qurdhawi, Hukum Zakat, Terjm oleh Salman Harun, dkk ( Bandung: Mizan, 1999)
Published
2019-09-16
How to Cite
Dahlan, A. Z. (2019). Pengembangan Zakat sebagai Instrumen Ekonomi Islam antara Idealitas dan Realitas. Jurnal Al-Irfani : Jurnal Kajian Tafsir Hadits, 5(2), 30 - 39. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alirfani/article/view/3627

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.