Pendidikan Integratif di Madrasah

  • Muh. Tarmizi Tahir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang
Keywords: Integrasi Ilmu, Islamisasi Ilmu, Pengilmuan Islam, Integrasi Interkoneksi, NW

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konsep dan bentuk implementasi integrasi agama dalam pembelajaran sains yakni pada mata pelajaran biologi, matematika, fisika dan kimia di Madrasah Aliyah Mu’allimin Nahdlatul Wathan Pancor Kab. Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)-Indonesia. Penelitian ini dilakukan di lapangan yang dikategorikan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analitik. Sumber data terdiri dari  data primer dan data sekunder. Data Primer yaitu Kepala Madrasah, Wakamad Kurikulum, Wakamad Kesiswaan, Guru-guru di bidang Sains (yakni guru mata pelajaran Fisika, Biologi, Kimia, dan Matematika), beberapa siswa di Madrasah Aliyah Mu’allimin NW Pancor, dokumen, dan observasi. Data Sekunder bersumber dari referensi yang mendukung penelitian, baik itu dari buku-buku, disertasi, tesis, jurnal, artikel, dan sumber-sumber yang lain. Teknik pengumpulan data dengan telaah dokumen, wawancara, dan observasi. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan integrasi. Konsep integrasi agama dalam pembelajaran sains (biologi, matematika, fisika, dan kimia) di Madrasah Aliyah Mu’allimin NW Pancor adalah dengan konsep integrasi yang menekankan pada internalisasi nilai-nilai keislaman yaitu nilai tauhid, syari’ah, akhlak dan pengembangan sains ke dalam diri peserta didik sehingga berdampak terhadap perilaku dan semangat penggunaan ilmu (aksiologi ilmu) peserta didik. Sains memperkuat dan mendukung keyakinan tentang Tuhan sebagai pencipta alam semesta, sedangkan agama memperkuat dan mengarahkan sains untuk memberikan manfaat dan pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dengan demikian materi pelajaran sains tidak bisa dipisahkan dari ilmu agama karena agama dan sains saling mengukuhkan tanpa harus kehilangan identitas masing-masing. Dengan model integrasi apologetik yaitu model integrasi yang didasari oleh pandangan bahwa sains adalah produk yang bersifat universal dan bebas nilai. Karena itu ia dapat dipakai dan berlaku di mana saja dan di lingkungan apa saja. Dalam kaitan integrasi iptek dan imtak berusaha melegitimasi hasil-hasil sains modern dengan mencari ayat-ayat al-Qur’an yang sesuai, dikaitkan nilai-nilai keislaman dengan teori sains dan telah ada dalam ajaran agama.

References

Abdillah, Masykuri, Islam dan Dinamika Sosial Politik di Indonesia. Jakarta: Kompas Gramedia, 2011.
Azra, Azyumardi, Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2002
Barizi, Ahmad Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press,2011.
Latifah, Sri, Eka Setiawati, and Abdul Basith, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu Dan Kalor,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol.5, no. 1 (2016)
Majdi, Zainul “Kata Pengantar” dalam Muslihan Habib, (ed), Pendidikan KE-NW-AN Untuk Madarsah Aliyah (MA) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatul Wathan. Jakarta Timur: Pondok Pesantren NW DKI Jakarta, 2016.
Muhammad, Farouk dan Djaali. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PTIK Press & Restu Agung, 2005
Nata, Abuddin, Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013)
Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyowati, Sosiologi Suatu Pengantar. Ed. Revisi, cet. 47. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Solichin, Mohammad Muchlis, ”Islamisasi Ilmu Pengetahuan dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Islam,” Tadris, Volume 3. Nomor 1 (2008), 21. Lihat juga Chairil Anwar,”Islamisasi Ilmu, Al-Qur’an dan Sains,” Tarbiyah Digital Journal Al-Mannar, Edisi 1 (2004).
Suprayogo, Imam. Quo Vadis Madrasah: Gagasan, Aksi & Solusi Pembangunan Madrasah. Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2007
Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta; Prenadamedia Group, cet.1, 2014
Zarkasyi, Hamid Fahmy “Worldview sebagai Asas Epistemologi Islam” Islamia Majalah Pemikiran dan Peradaban Islam. Thn II No.5, April-Juni (2005).
zarkasi, T. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1 - 18.Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/penguatan%20pendidikan%20karakter
Published
2019-09-16
How to Cite
Tahir, M. T. (2019). Pendidikan Integratif di Madrasah. Jurnal Al-Irfani : Jurnal Kajian Tafsir Hadits, 5(2), 40 - 54. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alirfani/article/view/3628

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.