Islam Di Tengah Perdebatan Faham Libralisme, Dan Fundamentalisme, Dan Moderatisme

  • Ahmad Zaini Dahlan STID Mustafa Ibrahim al-Islahuddiny Kediri
Keywords: Islam, Faham Liberalisme, Fundamentalisme, dan Moderatisme

Abstract

Pada dasawarsa akhir-akhir ini, berbicara Islam sangat menarik perhatian berbagai kalangan baik dari kalangan Islam sendiri, maupun kalangan non-Islam. Ketertarikan terhadap Islam sebagai sebuah institusi bagi para peneliti, terutama para orientalis, ada yang motivasinya untuk menjatuhkan Islam dari dalam, seperti yang dilakukan oleh Snouck Hourgrounje, maupun ada yang berkeinginan untuk menggali Islam sebagai sebuah peradaban, sebagaimana yang dilakukan oleh H.A.R Gibb, dengan menghasilkan yang spektakuler berjudul Whither Islam menyatakan: Islam is indeed much more then a system of theology, it is complete civilazition ( Islam sesungguhnya lebih dari sekedar sebuah agama, ia adalah sebuah peradaban yang sempurna). Sampai saat ini, Islam terus menunjukkan dinamika dan keberagaman eksperesinya. Tema-tema dominan dalam Islam adalah revivalisme Islam. Suatau dampak yang lebih nyata pada kehidupan kaum Muslim dapat disaksikan diberbagai belahan dunia Islam, entah itu berupa pakaian busana muslimah di Negara-negara sekuler seperti Amirika Serikat, atau dalam kehidupan politik kaum Muslim mulai dari Tunisia sampai Mindano. Dalam bidang ekonomi telah diperkenalkan Bank-bank Islam di Negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim seperti Indonesia

References

Abd A’la, Dari Neomodernisme ke Islam Liberal: Jejak Fazlur Rahman dalam Wacana Islam Indonesia, (Jakarta: Paramadina, 2003)
Adian Husaini dan Nuim Hidayat, Islam Liberal: Sejarah, Konsepsi, Penyimpangan dan Jawabannya, (Jakarta: Gema Insani, 2002)
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Dirasah Islamiyah ll, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008)
Charles Kurzman, Liberal Islam: Sourcebook, (Oxford University Press, 1988
Leonard Binder, Introduction Islamic Liberalism, (Chicago University Press, 1988)
Fazlur Rahman, Islam dan Modernitas, (Bandung: Pustaka, 1985),
Fazlur Rahman, Gelombang Perubahan dalam islam: Studi Fundamentalisme Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Perasada, 2001)
Harun Nasution, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran, (Bandung: Mizan, 1998)
Leonard Binder, Introducion Islamic Liberalism, (Chicago University Press, 1998)
Sayyed Husein Nasr, Islam, Agama, Sejarah, dan Peradaban, (Surabaya: Risalah Gusti,2003)
Syamsul Arifin, Studi Islam: Perspektif Sosiologi dan Isu-isu Kontemporer, (Malang: UMM Press, 2009)
Ulil Abshor Abdalla dkk, Islam Liberal dan Fundamental: sebuah Pertarungan Wacana, (Yogyakarta: Elsaq Press, 2005)
William Montgomery Watt, Fundamentalisme Islam dan Modernitas, taufiq Adnan Amal (pen), (Jakarta: Grafindo Persada, 1997)
Zuly Qodir, Islam Liberal: Paradigma Baru Wacana dan Aksi Islam Indonesia, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)
Published
2020-01-29
How to Cite
Dahlan, A. Z. (2020). Islam Di Tengah Perdebatan Faham Libralisme, Dan Fundamentalisme, Dan Moderatisme. Jurnal Al-Irfani : Jurnal Kajian Tafsir Hadits, 6(1), 33 - 52. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alirfani/article/view/3764

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.