URGENSI CLASSROOM ACTION RESEARCH BAGI PENGEMBANGAN INTELEKTUAL MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Mastur Mastur STIT Darussalimin NW Praya Loteng

Abstract

Abstrak:Suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila muncul  perubahan tingkah laku positif pada peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Hal ini pada dasarnya bergantung pada guru sebagai elemen penting dalam kegiatan pembelajaran. Memang saat ini sudah menjadi tidak lazim apabila guru menjadi dominator kegiatan pembelajaran di kelas, namun hal ini bukan berarti guru lepas tanggung jawab terhadap keberhasilan siswanya dalam belajar. Untuk mewujudkan tanggung jawab tersebut guru harus selalu proaktif dan responsif terhadap semua fenomena-fenomena yang ditemukan di kelas. Sejalan dengan pernyataan di atas, saat ini upaya perbaikan pendidikan dilakukan dengan pendekatan konstruktivis. Oleh karena itu guru tidak hanya sebagai penerima pembaharuan pendidikan, namun ikut bertanggungjawab dan berperan aktif dalam melakukan Pembaharuan pendidikan serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya melalui  penelitian tindakan dalam pengelolaan pembelajaran di kelasnya. Dalam konteks perguruan tinggi pendidikan dan keguruan agama Islam, PTK memberikan kontribusi konstruktif bagi mahasiswa untuk melihat kondisi pengajaran agama Islam. Sehingga mahasiswa PAI diharapkan mampu mengkonstruk bangunan keilmuan yang holistic dan penguasaan metode dalam mengajar.  

References

Daftar Pustaka
Depdikbud. 1999. Bahan Pelatihan Penelitian Tindakan. (Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikdasmen, Dikmenum).
Kardi, Soeparman dan Mohamad Nur. Pengajaran Langsung. (Surabaya : 2000 Universitas Negeri Surabaya, University Press).
Raka Joni. Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: PCP PGSM Dikjen Dikti, 1998)
Soedarsono, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta: 1997Dirjen dikti BP3 GSD Yogyakarta).
Suyanto, Pedoman Penelitian Tindakan Kelas,.( Yogyakarta : Depdikbud, 1997).
Prabowo, Profil Pendidikan Profesional, (Yogyakarta : Andi Offiset, 2000).
Suaharsimi Arikuanto, Suahrjono Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta, PT Bumi Aksara, 2006).
Sumarno, Desain Penelitian Tindakan Kelas dan Penerapannya, DIY. Kerjasama dengan UNY-Dirjen Dikti Depdignas Jakarta, 2006.
Trianto, Pandangan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2021).
Suharsimi Arikonto, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).
Sukardi, Prinsip Kolaboratif dan Partisipatif dalam Penelitian Tindakan Kelas, DIY. Kerjasama UNY Dirjen Dikti Depdipnas Jakarta, 2006.
Soenarto, Permasalahan Rancangan dan Solusi Penelitian Tindakan Kelas, DIY-Kerjasam UNY-Dirjen Dikti Depdignas Jakarta, 2006.
Published
2016-04-27