PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI SOLUSI KONFLIK SARA

  • Husnu Ma'ab STIT Darussalimin NW Praya Loteng

Abstract

Abstrak:Bangsa Indonesia dikenal sebagai Bangsa-Negara yang fluralistik dalam berbagai aspek, baik agama, suku, bahasa, etnis, budaya dan adat istiadat. Kemajmukan ini di satu sisi menjadi hal yang sangat baik, namun disisi lain menjadi rawan konflik khorizontal, terutama konflik antar agama. Dalam kondisi yang demikian, maka dibutuhkan suatu mekanisme yang bisa dijadikan lihat djembatan solusif bagi harmni. Pendidikan multikulturalisme yang ahir-ahir ini marak diperbincangkan diharpakan bisa menjadi jembatan solusif untuk harmoni tersebut. Hal ini terrlihat dari fungsi dan tujuan dari pendidikan multikulturalisme tersebut yang mengedepankan sikap demokratis, toleran dan keadilan. Dengan sikap yang demikian, maka konflik SARA diharapkan bisa dipreventifikasi.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arifin, M., Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teori dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, cet. IV (Jakarta: Bumi Aksara, 1996).
al-Attas, Naquib, Muhammad, SyeKonsep Pendidikan Islam; Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, Penerjemah Haidar Bagir. cet. VII (Bandung: Mizan, 1996).
Ali, Noer, Herry, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Logos, 1999).
Baidhawy, Zakiyuddin, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, (Jakarta: Erlangga, 2005).
Basri, Agus, Pendidikan Islam sebagai Penggerak Pembaharuan Islam (Bandung: al-Ma’arif, 1984).
Belger dan Luckman, Tafsir Sosial atas Kenyataan; Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan, (Jakarta: LP3ES, 1990).
Bukhori, M., Pahrurrozi, Membebaskan Agama dari Negara: Pemikiran Abdurrahman Wahid dan Raziq, (Jakarta, 2003).
Maksum, Madrasah, Sejarah, dan Perkembangannya, cet. II (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)/
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: GayaMuda Pratama, 2005).
Nizar, Samsul, H., sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Era Rasulullah Sampai Indonesia, (Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP, 2009).
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 1994), h. 1; Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, cet. III (Jakarta: Bumi Aksara, 1996).
Soegarda Poerbakawatja dan A. H. Harahap, Ensiklopedi Pendidikan, cet. II (Jakarta: Gunung Agung, 1981).
Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, cet. II (Bandung: Sinar Baru, 1991).
Wahid, Marzuki, dkk., ed., Pesantren Masa Depan (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999).
Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, cet. III (Jakarta: Hidakarya Agung, 1990).
Yunus, Mahmud, Pendidikan dan Pengajaran, cet. III (Jakarta: Hidakarya Agung, 1990).
Zahara Indris dan Lisna Jamal, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jilid I (Jakarta: Grasindo, 1992).
Zuhairini, dkk., Filsafat Pendidikan Islam, cet. II (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).
Published
2016-04-27