PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

  • Fawaz Fawaz STIT Darussalimin NW Praya Loteng

Abstract

Abstrak:Pendidikan pada hakekatnya berfungsi untuk membentuk kepribadian manusia secara total. Seingga arah atau sasaran dari pendidikan adalah jasmani dan ruhani manusia. Manusia indonesia tidak hanya cerdas secara kognitif, tapi lebih dari itu harus bertakwa dan berahlak mulya. Pendidikan Islam yang berparadigma teosentris bertujuan untuk mencetak individu muslim yang sejalan dengan tujuan dari Islam itu sendiri. Dengan demikian Islam memiliki peran yang signifikan dalam membentuk warga masyarakat Indonesia menuju masyarakat yang baik, yang sejalan dengan falsafah atau ideologi Bangsa Inodenesia, yakni panca sila. Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan Nasional telah menempati posisi yang sentral dalam membentuk jati diri masyarakat Indonesia. Pendidikan Islam dilihat sebagai media yang mampu melahirkan manusia Indonesia yang cerdas, bertakwa, bermoral dan bermartabat.

References

DAFTAR PUSTAKA

al-Attas, Naquib, Muhammad, Syed, Konsep Pendidikan Islam; Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, Penerjemah Haidar Bagir. cet. VII (Bandung: Mizan, 1996).

Al-Ibrasyi, Atiyah, Muhammad, Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Penerjemah Tasirun Sulaiman, cet. II (Ponorogo: PSIA, 1991).

Ali, Noer, Herry, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Logos, 1999).

Ali, mohamad, "Reorientasi Makna Pendidikan: Urgensi Pendidikan Terpadu," dalam Marzuki Wahid, dkk., ed., Pesantren Masa Depan (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999).

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teori dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, cet. IV (Jakarta: Bumi Aksara, 1996).

An-Nahlawi, Abdurrahman, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Penerjemah Herry Noer Ali (Bandung: CV. Diponegoro, 1989).

Anshari, Saefuddin, Endang, Pokok-pokok Pikiran Tentang Islam, (Jakarta: Usaha Enterprise, 1976).

Basri, Agus, Pendidikan Islam sebagai Penggerak Pembaharuan Islam (Bandung: al-Ma’arif, 1984).

Daulay, Putra, Haidar, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007).

Depag RI, Pola Pengembangan Pondok Pesantren, (Jakarta: Ditpekapontren Ditjen Kelembagaan Agama Islam Depag, 2003).

http://www.suaramerdeka.com/harian/0501/07/opi3.htm

Langgulung, Hasan, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, (Bandung: Al-Ma’rifah, 1980).

M. Ali Hasan, Mukti Ali, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2003).

Marimba, D. Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Al-Ma’rifah, 1980).

Maksum, Madrasah, Sejarah, dan Perkembangannya, cet. II (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: GayaMuda Pratama, 2005).

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 1994), h. 1.

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, cet. III (Jakarta: Bumi Aksara, 1996).

Soegarda Poerbakawatja dan A. H. Harahap, Ensiklopedi Pendidikan, cet. II (Jakarta: Gunung Agung, 1981).

Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, cet. II (Bandung: Sinar Baru, 1991).

Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, cet. III (Jakarta: Hidakarya Agung, 1990), h. 138; Munjid, (Beirut: Dar el-Machreq, 1986).

Yunus, Mahmud, Pendidikan dan Pengajaran, cet. III (Jakarta: Hidakarya Agung, 1990).

Zahara Indris dan Lisna Jamal, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jilid I (Jakarta: Grasindo, 1992).

Zuhairini, dkk., Filsafat Pendidikan Islam, cet. II (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).

Published
2016-04-27