Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Ipa Di SD/Mi Kelas IV

  • Suparlan Suparlan
Keywords: dan IPA

Abstract

ABSTRACT Elementary school (SD) Of Muhammadiyah Demengan Yogyakarta is featured SD. It is seen from the miraculous achievements of students both at provincial and national levels, adequate infrastructure, a spirit of community to send their children in elementary school. Accordingly, of course, can not be separated from the role of teachers as educators and counselors to provide services in the classroom and outside the classroom. Muhammadiyah elementary schools including one school are designated by the ministry of religion (MORA) to implement the curriculum by 2013. Therefore it is necessary to do research on the implementation of the scientific approach in science (IPA) learning curriculum in 2013. Type of research is qualitative lookups. As for the subject of this research is that teachers and students in the fourth grade (IV) of Muhammadiyah elementary school Demengan Yogyakarta. data collection by interview, documentation and observation. the process of data analysis, namely: examining the data, data reduction, and data presentation. he results of this research : (1) teachers in SD Muhammadiyah already understand and know the theory of scientific approach, steps in learning. As for the understanding of the scientific approach according to the fourth grade (IV)  of Muhammadiyah elementary school teachers, Mr Kastowo "approach that starts from the observation first, continue to question, then the experiment, then summed and later would know that better results". (2) scientific approach in SD Muhammadiyah Yogyakarta new Demengan already implemented, but not perfect, because in their implementation more teachers using students' understanding and not exposed to the medium of learning. (3) As for the obstacles faced by teachers in the application of scientific approaches, namely, first a very short time per sub-theme. Both enormous costs required to confront instructional media. Third when teachers find students who are less active during learning.   Key words: Scientific, Curriculum 2013 And Science (IPA).   ABSTRAK Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Demangan Yogyakarta merupakan SD unggulan. Hal itu di lihat dari beberapa prestasi siswa baik di tingkat Provinsi maupun Nasional, sarana dan prasarana yang memadai, suatu semangat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SD tersebut. Hal demikian, tentunya tidak bisa terlepas dari peran guru selaku pendidik dan pembimbing dalam memberikan layanan di dalam kelas maupun di luar kelas. Sekolah Dasar Muhammadiyah termasuk salah satu sekolah yang di tunjuk oleh Kemenag untuk menerapkan kurikulum 2013. Perlu dilakukan penelitian tentang implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA.  Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif. Menjadi subjek dalam penelitian ini guru dan siswa di kelas IV SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Proses analisis data yaitu: menelaah data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini: (1). Guru di SD Muhammadiyah sudah memahami dan mengerti teori pendekatan saintifik, langkah-langkah dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik menurut guru kelas IV SD Muhammadiyah, Pak Kastowo “pendekatan yang dimulai dari pengamatan dulu, terus pertanyaan, kemudian percobaan, kemudian menyimpulkan dan nanti akan tahu hasilnya itu lebih baikâ€. (2) Pendekatan saintifik di SD Muhammadiyah Demangan Baru Yogyakarta sudah di implementasikan, tetapi belum sempurna, sebab dalam implementasinya guru lebih menggunakan pemahaman siswa dan tidak dihadapkan pada media pembelajaran. (3) Adapun kendala yang dihadapi guru pada penerapkan pendekatan saintifik yaitu, pertama waktu yang sangat singkat per sub tema. Kedua biaya yang dibutuhkan sangat besar untuk menghadapkan media pembelajaran. Ketiga ketika guru menemukan siswa yang kurang aktif  saat pembelajaran.

References

Abdul Majid, Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung; Remaja Rosdakarya, 2014.
Abdul Majid & Chaerul Rochman, Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 ,Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Abuddin Nata, Pemikiran Pendidikan Islam & Barat, Jakarta, PT Raja Grapindo Persada: 2013.
Agus Wasisto Dwi Doso Warso, Pola Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Klaten Jawa Tengah, Disertasi: UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Amiruddin Hatibe, Ilmu Alamiah Dasar, Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Cucun Novianti, The Power Of Success,Dinamika media, 2011.
Darmaningtiyas, Makalah Dalam Seminar Pendidikan dengan Tema“Kurikulum 2013: Persepektif Ideology, Filosofi, Dan Politik Pendidikan Nasional” yang Diselenggarakan oleh DEMA-F Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, di Gedung Convention Hall Lantai Dasar, Pada Hari Senin Tanggal 12 Mei 2014 Pukul 08:00 Sampai Jam 11: 30.
Dariyanto, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Imam Suprayogo, Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. Ke 2, Oktober 2003.
Indah Kosmiah, Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras, 2012.
Juhaya S. Praja, Filsafat dan Metodologi Ilmu dalam Islam, Jakarta Selatan: Teraju, 2002.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013. Konsep Pendekatan Scientific.Diklat Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013
M. Hosnan, Pendekatan Sceintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor, Ghalia Indonesia: 2014
Mohammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung: Angkasa, 1992.
Moh. Arif, Konsep Dasar Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar/MI , Yogyakarta: IAIN Tulunggung Press, 2014.
Moh. Yamin dan Vivi Auliya, Meretas Pendidikan Toleransi, Malang: Madani Media, 2011.
Muhaimin, Dkk, Pengmbangan (KTSP) Pada Sekolah & Madrasah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Muhammad Zaini, Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Teras, 2009.
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Professional dalam Konteks Penyuksesan MBS Dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
M. Lazim, Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
-------------Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Noeng Muhadjir, Metode Penelitian Kualitatif, Edisi IV, Yogyakarta: Rake Sasaran, 2000.
Norman K. Denzin Dan Yvonna S. Lincoln, Handbook Of Qualitative Research, Alih Bahasa Dariyanto, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Nova ArdyWiyani, Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, Yogyakarta: Teras, 2012.
Nurin Sapil, Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Raudhatul Athfa (RA) UIN SunanKalijaga,Tesis: UIN SunanKalijaga, 2010.
Rahmat Raharjo, Pengembangan & Inovasi Kurikulum, Yogyakarta: Baituna Publishing, 2012
Ridwan Abdullah Sani, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum2013, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Ridwan Husain, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MAN Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Maluku Utara, Skripsi: UIN Sunan Kalijaga, 2009.
Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 2009.
Setiawan Rizema Putra, Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains, Yogyakarta: Diva Press, 2013.
Sholehah Hidayat, Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Siti Fatonah & Zuhdan K. Prasetyo, Pembelajaran Sains, Yogyakarta, Ombak: 2014.
Sri Minarti, Manajemen Sekolah, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.
Sumaji, Pendidikan Sains Yang Humanis, Yogyakarta: kanisius, 1998.
Suparlan Suhartono, Filsafat Pendidikan, Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2009.
Suyanto dan Hariyanto, Belajar Dan Pembelajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012
Usman Samatowa, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Indeks, 2011.
WinaSanjaya, Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2010.
Zainal Arufin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
http: sdmuhdemangan.blogspot.com/p/sejarah.html. diakses minggu 1 januari 2015 pukul 21:1
Published
2018-01-21
How to Cite
Suparlan, Suparlan. “Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Ipa Di SD/Mi Kelas IV”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (January 21, 2018): 51-72. Accessed April 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/2993.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.