Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Panas Kelas IV SD Inpres Sinde Kabor

  • Lukas Bera Universitas Nusa Nipa
Keywords: Inquiry, Kreativitas, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Sinde Kabor setelah diterapan metode Inquiry dengan materi energi panas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas. Pada siklus I diperoleh nilai hasil belajar siswa dengan rata-rata nilainya adalah 76,34 dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 76,92% yang berada pada kategori baik, aktivitas guru yang berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 82,44, serta aktivitas siswa berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 69,97 sedangkan untuk aspek sikap berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 78,66, untuk aspek keterampilan berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 90,82 dan pada aspek kreativitas nilai rata-rata mencapai 80,18 yang berada pada kategori sangat baik. Dari hasil siklus I diadakan perbaikan dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni untuk nilai rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai 82,26 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 100% dengan kategori sangat baik, nilai rata-rata aktivitas guru mencapai 94,12 dan rata-rata nilai aktivitas siswa 81,89 yang berada pada kategori sangat baik.

References

Fathurrohman, Sutikno. 2010 Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Refika Aditama.
Susilanan, Riyana. 2009 Media Pembelajaran. Bandung : CV. Wawacana Prima.
Anita. W,Sri. Strategi Pembalajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.
Jihad, 2013 Hasil Belajar, Bandung: Rosdakarya.
Mbulu, Yoseph. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui MediaUlar Tangga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. 2012. Skripsi tidak diterbitkan. Kupang. Undana.
Jubaeda, 2014 . Hasil Belajar: Jakarta.
Arikunto, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya
Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja.Rosdakarya.
Haryanto. 2012. Sains untuk SD/MI Kelas V. Jakarta:Erlangga
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek.Jakarta:Prestasi Pusaka. 2007.
Arinil. Wordpres. Com / ular tangga / (13 Desember 2010)
Jalil, Metode Penelitian. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher. 2014.
Kusumah Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Published
2018-03-31
How to Cite
Bera, Lukas. “Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Panas Kelas IV SD Inpres Sinde Kabor”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (March 31, 2018): 13- 23. Accessed April 26, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3126.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.