Persepsi Mahasiswa dalam Pengimplementasian Tri Daharma Perguruan Tinggi

  • Sri Santi Ariani STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang
Keywords: Persepsi Mahasiswa, Tri Darma Perguruan Tinggi

Abstract

Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai salah satu pondasi dan dasar tanggung jawab yang dipanggul mahasiswa (sebagai bagian dari perguruan tinggi) harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama. Sebagai mahasiswa baru perlu mengetahui dan menyadari salah satu pedoman untuk melaksanakan tanggung jawabnya dalam rangka menjawab tantangan bangsa Indonesia di masa depan. Peran mahasiswa dalam aktualisasi Tri Dharma perguruan tinggi sangat di perlukan. Karena mahasiswa diharapkan untuk menjadi mahasiswa yang lebih termotivasi dan sadar bahwa betapa pentingnya peranan mahasiswa untuk mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 yaitu “Mencerdaskan Kehidupan Bangsaâ€. 1) Dengan pendidikan, mahasiswa hendaknya punya dasar berpikir yang benar dalam memutuskan berbagai hal di dunia kampus maupun luar kampus. Dan seharusnya mahasiswa mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan yang layak dan sesuai yang digelutinya. 2) penelitian dan pengembangan Merupakan bentuk implementasi dari ilmu pengetahuan yang diperoleh semasa proses pendidikan di perguruan tinggi. Dengan penelitian, para mahasiswa akan bertambah cakap dalam disiplin ilmunya, serta akan menjadi semakin paham. 3) Pengabdian masyarakat bertujuan untuk membantu masyarakat agar mau dan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Dan mahasiwa sebagai bagian dari masyarakat harus mengabdi kepada masyarakat. Walaupun dalam penelitian kali ini masih ada beberapa mahasiswa yang kurang tahu atau kurang paham akan tri dharama perguruan tinggi yang menjadi acuan dan dasar dari perguruan tinggi.

References

Ahmadi, Abu, 1982. Psikologi Umum, Bina Ilmu, Surabaya.
Daymon, Christine. 2008. Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing. Bentang. Yogyakarta.
Gaffar, Afan, 2009. Politik Indonesia: Transisi Menuju Demokrasi, Cetakan V, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Hartaji, Damar A. 2012. Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. (tidak diterbitkan)
Hasan, Iqbal. 2002. Pokok – Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia, Jakarta .
http://nofitahapsari.blogspot.co.id. makalah-tri-darma-perguruan tinggi_2.html(di akses pada tanggal 28 Juli 2016, pukul 20.00 wib)
http://iw4nrisw4ndi.blogspot.co.id. pengertian-tri-dharma-perguruan-tinggi.html (di akses pada tanggal 28 Juli 2016, pukul 20.00 wib)
Irwanto, dkk. 1991, Psikologi Umum, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Liliweri, Alo, 1994, Persepsi Teoritis, Komunikasi antar Pribadi, Cipta Aditya Bakti, Bandung.
Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purwanto, Irwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2012. Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia.Gava Media, Yokyakarta.
Rakhmat, Jalaluddin, 1996 , Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Siswoyo, Dwi. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung.
Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan. Kelimabelas. Rineka Cipta, Jakarta.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas, Jakarta.
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Walgito, Bimo, 2002, Pengantar Psikologi Umum, Andi, Yogyakarta.
Published
2019-01-24
How to Cite
Ariani, Sri Santi. “Persepsi Mahasiswa Dalam Pengimplementasian Tri Daharma Perguruan Tinggi”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (January 24, 2019): 59 - 77. Accessed April 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3414.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.