Implementasi Penerapan Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an di TK Islam Al-Aziziyah Kapek Gunungsari Lombok Barat

  • Nada Nazopah STIT Al-Aziziyah Lombok Barat
Keywords: Implementasi, Metode Iqro’, Baca Al-Qur’an

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  bagaimana penerapan metode iqro’ pada pembelajaran baca al-qur’an  di TK Islam Al-Aziziyah Kapek Gunungsari, implementasi yang terjadi serta solusi dalam mengatasi tersebut. Pondok pesantren Al-Aziziyah merupakan salah satu pondok pesantren yang banyak mencetak penghapal Al-Qur’an di NTB. Guna mencetak penghafal Al-Qur’an yang berkualitas baik, tentunya harus dimulai sejak usia anak-anak, karena pada masa ini masih terkandung potensi yang sangat besar untuk belajar, sehingga para ahli pendidikan menyebutkan masa kana-kanak sebagai masa peka untuk belajar. Eksistensi dari pola penanaman pendidikan Al-Qur’an dan peranan metode Iqro’ sangatlah diperlukan dalam rangka mengatasi kesulitan anak dalam membaca Al-Qur’an. Data yang disajikan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari informan yang diolah dan disimpulkan maknanya sebagai hasil akhir dari penelitian. Hasil akhir dari penelitian yakni implementasi yang dihadapi siswa dalam pembelajaran baca Al-Qur’an di TK Islam bersumber dari siswa, guru atau tenaga pengajar, orang tua siswa,  dari lingkungan sekitar yayasan. Adapun solusi yang dilakukan guru berusaha maksimal menguasai kelas dengan baik serta melibatkan orang tua siswa, koordinasi yang tepat dengan yayasan, penggunaan media pembelajaran yang tepat, pemberian motivasi belajar kepada siswa, penertiban pedagang, guru atau tenaga pengajar diberikan pelatihan, serta ketersediaan alokasi waktu yang cukup

References

Al Abrasy, Athiyah. 1970. Dasa-Dasar Pokok Penelitian Al-Qur’an, Jakarta. PT. Bulan Bintang.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta. Bina Aksara Jakarta.
Bahraisy, Salim. 1978. Terjemahan Riyadhun Sholihin Jilid II. Bandung. PT. Al –Ma’rif.
Haryono dan Hadi Amirul. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung. CV. Pustaka Setia.
Humam, As’ad. 2000. Buku Iqro’ Cara Cepat Belajar Al-Qur’an Jilid 1-6, Yogyakarta. LPTQ Nasional.
HM. Budiyanto. 1995. Prinsip-prinsip Metodologi Buku IQRO’, Yogyakarta: Team Tadarus“AMM”.
Maleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2007. Metode Research, Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Suparman, S. 2010. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa, Yogyakarta. Pinus Book Publishing.
Ulwan, Abdullah Nashih. 2007. Pendidikan Anak Dalam Islam, Jakarta. Pustaka Amani.
Wahid, Wiwi Alawiyah. 2015. Panduan menghafal Al-Qur’an Super Kilat. Yogyakarta. DIVA Press.
Published
2019-01-24
How to Cite
Nazopah, Nada. “Implementasi Penerapan Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an Di TK Islam Al-Aziziyah Kapek Gunungsari Lombok Barat”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (January 24, 2019): 92 - 110. Accessed March 29, 2024. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3416.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.