Membangun Demokrasi Negara Muslim Menuju Civil Society

  • Ahmad Zaini Dahlan STID Mustafa Ibrahim al-Islahuddiny Kediri
Keywords: membangun, demokrasi, Civil Society

Abstract

Perdebatan tentang islam dan Demokrasi sampai sekarang belum menemukan titik temu diantara para pakar politik maupun para intlektual Muslim dan non-Muslim. Dari kalangan non-Muslim terdapat perbedaan pendapat tentang masalah demokrasi dalam Islam. Di satu sisi terdapat para cendikiawan muslim yang berpandangan bahwa Islam itu incompatible (tidak cocok) dengan demokrasi. Dari kedua kelompok yang berbeda pendapat tersebut semuanya ada benarnya, karena dari kelompok yang berbeda pendapat bahwa Islam itu tidak cocok dengan demokrasi, mempunyai alasan tentang kondisi yang ada di Negara-negara yang menyatakan dirinya sebagai negara Islam, namun mereka belum bisa mencerminkan ajaran-ajaran Islam yang secara menyeluruh.

References

Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jilid 1, (Jakarta: UI Press, 1985)
John Eposito, Islam Warna-Warni: Ragam Eksperesi Menuju “ Jalan Lurus’’ , ( Terjm oleh Arif Maftuhin), ( Jakarta: Paramadina, 2004)
Bernard Lewis, et. al., Islam Liberalisme Demokrasi : Membangun Sinerji Warisan Sejarah, Doktrin dan Konteks Global, ( Terjm. Oleh Mun’in A. Sirry ) ( Jakarta : Paramadina, 2002 )
M. Abid Al- Jabiri, Agama, Negara dan Penerapan Syari’ah ( Terjm ), ( Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2001 )
Samuel P. Hangtinton, gelombang Demokratisasi Ketiga, terjemahan dari The Third Wave: Democratizion in Latie Twentieth Century, ( Jakart: Pustaka Utama Grafiti, 1997 )
M. Amin Rais, Cakrawala Islam: Antara Cita dan Fakta, ( Bandung : Mizan, 1992 )
Makmun Murod al-Berebesy, Menyingkap Pemikiran Politik Gus Dur dan Amin Rais, ( Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1999 )
Robert N. Bellah, islamic Tradition and the Problem of Modernization, dalam kumpulan tulisannya Beyond Blief : Essay on Religion in a Past-tradisionalist World, ( Berkeley : University of California Prees,1991 )
Bahtiar Affandy, dalam Islam Negara dan Civil Society: Gerakan dan Pemikiran Islam Kontemporer, ( Khomaruddin Hidayat dan Ahmad Gaus AF, Eds ), ( Jakarta : Paramadina, 2005 )
Hendro Prasetyo, dkk, Islam & Civil Society: Perbandingan Muslim Indonesia, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002)
Published
2019-04-30
How to Cite
Dahlan, Ahmad Zaini. “Membangun Demokrasi Negara Muslim Menuju Civil Society”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (April 30, 2019): 131-145. Accessed April 25, 2024. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3477.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.