MUSLIM ENTREPRENEURSHIP: MEMBANGUN MUSLIM PENEURS CHARACTERISTICS DENGAN PENDEKATAN KNOWLADGE BASED ECONOMY

  • Antoni Antoni Fakultas Ekonomi Islam IAI Nurul Hakim Kediri Lombok Barat

Abstract

Salah satu tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah bagaimana menumbuhkan dan meningkatkan entrepreneurship. Mengingat jumlah entrepreneur yang masih dibawah standar minimal dua persen, sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dikatakan ideal. Muslimpreneur adalah aktor dalam kewirausahaan, memiliki tantangan yang luar biasa untuk menjadi entrepreneur sukses. Pada tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat, muslimpreneur harus mampu menunjukkan jati dirinya dengan personality dan characteristic yang khas sebagai seorang muslim yang mampu menjalankan nilai-nilai keislamannya, juga menjadi modal dasar dalam aktivitas usahanya. Dengan pendekatan Knowladge Based Economy, seorang muslimpreneur harus berani melakukan perubahan. Melakukan perubahan dimulai dengan modal pengetahuan kemudian diimplementasikan dalam inovasi-inovasi. Baik dari aspek managerial function, business function, termasuk mengintegrasikannya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kata Kunci: Muslimpreneur, Knowladge Based Economy

References

Distribution, General, and Organisation F O R Economic Co-operation. “The Knowledge-Based Economy,†no. 96 (1996): 1–46. http://www.oecd.org.

Draghici, Anca, Claudiu Tiberiu Albulescu, and Matei Tamasila. “Entrepreneurial Attitude as Knowledge Asset: Its Impact on the Entrepreneurial Activity in Europe.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 109 (January 2014): 205–209. Accessed December 23, 2014. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042813050775.

Faizal, P. R. M., a. a. M. Ridhwan, and a. W. Kalsom. “The Entrepreneurs Characteristic from Al-Quran and Al-Hadis.†International Journal of Trade, Economics and Finance 4, no. 4 (2013): 191–196. Accessed December 16, 2014. http://www.ijtef.org/index.php?m=content&c=index&a=show&catid=45&id=561.

Fitrasani. “Knowledge Acquisiton Pada Knowledge Based Economy Era.†In Simposium Nasional Sistem TEknologi Informasi (SNTI), 1–16. Universitas Gadjah Mada, 2009.

Fitriati, Rachma, and Tutie Hermiati. “Entrepreneurial Skills and Characteristics Analysis on the Graduates of the Department of Administrative Sciences , FISIP Universitas Indonesia†17, no. 3 (2010): 262–275.

Holden, Jean. “Principles of Entrepreneurship.†US Department of State, 2007.

Jacques, Louis. “Defining the Entrepreneur Complexity and Multi-Dimensional Systems Some Reflections,†no. August 2008 (2011): 840–853.

James, Benjamin, Inyang Corresponding, and Rebecca Oliver Enuoh. “Entrepreneurial Competencies : The Missing Links to Successful Entrepreneurship in Nigeria.†International Business Research 2, no. 2 (2009): 62–71.

Manurung, Hendra. “Peluang Kewirausahaan Sekolah Melalui Kreativitas Dan Inovasi.†Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan 1, no. 1 (2013): 81–119.

Mortazavi, S.Habib, and Mahdi Bahrami. “Integrated Approach to Entrepreneurship – Knowledge Based Economy: A Conceptual Model.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 41 (2012): 281–287. Accessed November 22, 2014. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042812009123.

Nawangpalupi, Catharina Badra, Gandhi Pawitan, Agus Gunawan, Maria Widyarini, Triyana Iskandarsjah, and Joshua Valentino. Global Entrepreneurship Monitor 2013 Indonesia Report, 2014.

Popescu, Nelu Eugen. “The Evolution of Entrepreneurship Activity Indicators in Two European Countries.†Procedia Economics and Finance 6, no. 13 (2013): 562–572. Accessed December 23, 2014. http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S2212567113001743.

Rameli, MFP, MRA Aziz, KA Wahab, and SM Amin. “The Characteristics of Muslimpreneurs from the View of Muslim Scholars and Academician.†International Journal of Teaching and Education II, no. 2 (n.d.): 47–59. Accessed December 5, 2014. http://www.iises.net/download/Soubory/soubory-puvodni/pp47-59ijote_V2N2.pdf.

Rasmijaya, Upu. “Ciputra Entrepreneurship.†Ciputra Entrepreneurship, July 18, 2013. Accessed November 28, 2014. http://www.ciputraentrepreneurship.com/ce-news/jumlah-entrepreneur-indonesia-idealnya-dua-persen.

Rukka, Rusli Mohammad. Buku Ajar Kewirausahaan 1. Lembaga Kajian dan Pengembangan Universitas Hasanuddin, 2011.

Sabri. “Kewirausahaan (entrepreneurship): Modal Manusia Dalam Membangun Perekonomian.†Jurnal Ekonomika Universitas Almuslim Bireuen - Aceh Vol.IV, no. 7 (2013): 26–32.

Setiarso, Bambang. “Pendekatan ‘Knowledge-Base Economy’ Untuk Pengembangan Masyarakat.†Ilmu Komputer (2007): 1–7. http://www.ilmukomputer.com.

Syafi’i, Muhammad. “Relevansi Konsep Dasar Entrepreneurship Muhammad Dalam Menghadapi Era Global†(n.d.).

“Demokrasi, Momen Untuk Mendorong Tumbuhnya Pengusaha Muslim.†Accessed December 29, 2014. http://www.uii.ac.id/content/view/2550/257/?lang=id.

“Masih Sedikit, Jumlah Pengusaha Muslim Indonesia - Republika Online.†Accessed December 29, 2014. http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis/12/03/02/m08l5i-masih-sedikit-jumlah-pengusaha-muslim-indonesia.

“Pengusaha Muslim Di Indonesia Masih Sedikit - Hidayatullah.com.†Accessed December 29, 2014. http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2013/06/27/5213/pengusaha-muslim-di-indonesia-masih-sedikit.html#.VKF0frIBg.

“Pertumbuhan Wirausaha Indonesia Masih Terbatas.†Accessed December 4, 2014. http://economy.okezone.com/read/2014/11/21/320/1069038/pertumbuhan-wirausaha-indonesia-masih-terbatas.

The Power of Three; The EY G20 Entrepreneurship Barometer 2013, n.d. www.ey.com.

Published
2016-03-03