KONSEP PENDIDIKAN IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA

  • Adi Fadli UIN Mataram

Abstract

Al-Ghazali adalah seorang pemikir dan ulama besar dengan hasil karya dalam berbagai bidang ilmu seperti ilmu agama, filsafat, tasawuf, akhlak, politik, dan lainnya. Karya terbesar dari imam Al-Ghazali adalah kitab Ihya ‘Ulum Ad-Din, dimana pendidikan menurut Al-Ghazali merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk melahirkan perubahan yang progresif pada tingkah laku manusia. Dalam pandangan Al-Ghazali, sentral dalam pendidikan adalah hati sebab hati merupakan esensi dari manusia karena substansi manusia bukanlah terletak pada unsur-unsur yang ada pada fisiknya, melainkan berada pada hatinya dan memandang manusia bersifat teosentris sehingga konsep tentang pendidikannya lebih diarahkan pada pembentukan akhlak yang mulia. Konsep pendidikan Al-Ghazali dapat diketahui dengan cara memahami pemikirannya berkenaan dengan berbagai aspek yang berkaitan dengan pendidikan yaitu tujuan pendidikan, kurikulum, etika guru dan murid, serta metode pembelajaran. Konsep pendidikan yang dicetuskan oleh Imam Al-Ghazali sangat relevan dengan sistem pendidikan di Indoneisa yang ditinjau dari tujuan pendidikan, konsep pendidik dan peserta didik, metode pembelajran, serta kurikulum yang diterpakan saat ini khususnya pendidikan karakter, dimana pada tataran aplikasi sangat mengedepankan pada aspek pengembangan intelektual, moral, dan spiritual sehingga mampu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

References

Abu Muhammad Iqbal, 2015. Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ali Maksum, 2003. Tasawuf Sebagai Pembebasan Manusia Modern: Telaah Signifikansi Konsep “Tradisionalisme Islam” Sayyed Hossein Nasr. Yogyakarta: Puskata Pelajar.
Al-Ghazali, 2003. Tahafut al-Falasifah, Yogyakarta: Islamika.
Al-Ghazali, 2001. Mutiara Ihya` Ulumuddin. Terj Iwan Kurniawan. Mizan: Bandung.
Arifin M, 1991. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Fathiyah Hasan Sulaiman, 1986. Konsep Pendidikan Al-Ghazali, Jakarta: Guna Aksara.
Mahmud, 2011. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia.
Nata Abuddin, 1997. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Nata Abuddin, 2003. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ramayulis dan Nizar, Samsul, 2005. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, Ciputat: PT Ciputat Press group.
Shafique Ali Khan. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali, Bandung: CV Pustaka Setia.
William F. O’Neill, 2001. Ideologi-ideologi Pendidikan, alih bahasa: Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zaenuddin, 2009. Pendidikan Islam dari Paradigma Klasik Hingga Kontemporer. Malang: UIN Malang Press.
Zakiah Daradjat, 2001. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Zainuddin dkk, 1991. Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhairi, 1991. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2018-02-26