PROBLEM ETIS LIMITASI WAKTU HAK CIPTA PERSPEKTIF MASHLAHAH

  • Firdausi Nuzula Institut Agama Islam Nurul Hakim
  • Muhammad Nawawi Hakim Institut Agama Islam Nurul Hakim
Keywords: Hak cipta, harta, dharuri

Abstract

Pada tahun 2014 Indonesia telah menyempurnakan dan menyatakan tidak berlaku lagi Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta dengan Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Dalam Pasal 1 angka 1 dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Di antara poin penting yang diatur dalam undang-undang tersebut adalah menyangkut pelindungan Hak Cipta dilakukan dengan waktu lebih panjang sejalan dengan penerapan aturan di berbagai negara sehingga jangka waktu pelindungan Hak Cipta di bidang tertentu diberlakukan selama hidup pencipta ditambah 70 (tujuh puluh) tahun setelah Pencipta meninggal dunia. Hal ini tertuang dalam Pasal 58 Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Menilik aturan pembatasan waktu hak cipta, terutama hak ekonomi dalam Pasal 58 Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta memunculkan kegelisahan akademik, yakni bagaimana hukum pembatasan waktu hak cipta, terutama hak ekomi tersebut dalam bingkai fiqih muamalah. Sebagai agama yang syamil wa mutakamil, Islam tidak mempermasalahkan pembatasan waktu hak cipta seperti di atur dalam Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta sepanjang didasarkan pada kemaslahatan bersama. Hak cipta dalam pandangan fiqh muamalah adalah haqq maliy (hak yang berkaitan dengan harta). Dengan demikian, perlindungan hak cipta merupakan salah satu unsur al-dharuriyat al-khamsah (lima pilar pokok kehidupan) yakni hifzul mal (perlindungan harta benda). Karena al-mal itu merupakan di antara pilar kehidupan manusia, maka perlindungannya menempati tingkatan dharuri (primer).

References

Abdullah (Eds.), Taufik. 2003. Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Ajaran.Jakarta: PT. Ichtiar Baru van Hoeve.
Ash-Shiddieqy,Teungku Muhammad Hasbi.2009. Pengantar Fiqh Muamalah Membahas Hukum Pokok dalam Interaksi Sosial Ekonomi.Semarang: Pustaka Rizki Putra.
A.W. Munawwir. 1997. Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.
Ahmad, Rofiq. 2002. Fiqh Mawaris Edisi Revisi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Amirin, Tatang M. 2000. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Arief, Abd Salam. 2003. “Konsep al-Mal dalam Perspektif Hukum Islam (Studi terhadap Ijtihad Fuqaha’)”. Dalam Al-Mawarid, Edisi IX: 48-57. Yogyakarta.
Arwani, Agus. 2012. “Epistemologi Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)”. Dalam Religia, Vol. 15, No. 1: 125-146.
Azzam, Abdul Aziz Muhammad. 2010. Fiqh Muamalah Sistem Transaksi dalam Fiqh Islam.Jakarta: Amzah.
Basyir, Ahmad Azhar. 2000. Asas-Asas Hukum Muamalat (Hukum Perdata Islam). Yogyakarta: UII Press.
Dahlan (Eds.), Abdul Aziz. 1996. Ensiklopedi Hukum Islam Jilid V. Jakarta: PT. Ichtiar Baru van Hoeve.
Dewi, dkk, Gemala. 2006. Hukum Perikatan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Djumhana dan Djubaedillah.2012. Hak Milik Intelektual Sejarah Teori dan Praktiknya di Indonesia.Bandung: Citra Aditya Bakti.
Djuwaini, Dimyauddin. 2008. Pengantar Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haroen,Nasrun. 2007.Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Isfandiar, Ali Amin. 2013. “Institusionalisasi Akad Muamalah (Studi Transformasi tentang Proses dan Alur Migrasi Akad Personal ke Akad Institusi dalam Perbankan Syariah)”. Dalam Jurnal Penelitian, Vol. 6 No. 1: 1-16.Pekalongan.
Jaelani, Abdul Qadir. 2012. “Bunga Bank dalam Perspektif Sosio-Ekonomi dan Ushul Fiqh (Studi Atas Pemikiran M. Umer Chapra)”. Dalam Jurnal Asas, Vol. 4 No. 2: 1- 11.
Fauzi.2017. TeoriHak Harta dan Istislahi serta Aplikasinya dalam Fikih Kontemporer.Jakarta: Kencana.
Nasution, dkk, Mustafa Edwin.2007. Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam.Jakarta: Kencana.
Nata, Abuddin. 2001. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Nawawi, Ismail. 2012. Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer.Bogor: Ghalia Indonesia.
Nazir, Habib dan Muhammad Hassanuddin.2004. Ensiklopedi Ekonomi dan Perbankan Syariah.Bandung: Kaki Langit.
Noor,Ruslan Abdul Ghafur. 2013.Konsep Distribusi dalam Ekonomi Islam dan Format Keadilan Ekonomi di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta.
Published
2019-06-29