Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Sebagai Pembinaan Kompetensi Sikap Siswa

  • Syarifudin syarif Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu

Abstract

Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Sebagai pembinaan Kompetensi Sikap Siswa. Kajian ini pendekatan kualitatif/lapangan. Hasil Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan meliputi (a) Perencanaan kegiatan seperti : imtaq, shalat dhuha dan zhuhur berjamaah dan perayaan PHBI, pembinaan al-Qur’an hadits dan muhadharah (pidato), (b) Pengorganisasian kegiatan dilakukan oleh kepala madrasah dengan memetakan program ekstrakurikuler keagamaan wajib dan pilihan, menunjuk guru pembina dan guru-guru pembimbing kegiatan. (c) Pelaksanaan kegiatan didasarkan pada perencanaan dan pengorganisasian yang telah dijalankan dengan mengaplikasikannya dalam bentuk jadwal-jadwal kegiatan ekstrakurikuler keagamaan seperti jadwal harian, mingguan, ataupun pada even atau hari-hari tertentu. (c) Pengawasan kegiatan diwujudkan oleh peran guru pembina sebagai penanggung jawab yang dibantu oleh guru-guru pembimbing melakukan tugas pengamatan atau monitoring dan evaluasi.

References

Ainurrafiq dan Ta’rifin, A. Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Yogyakarta: Listfariskan Putra, 2005.
AliMohammad dan Asrori,Mohammad.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Allen,Karen Neuman dan Friedman,Bruce D. “Affective Learning: A Taxonomy for Teaching Social Work Values”, Journal of Social Work Values and Ethics, Vol. 7, No. 2, 2010.
Ancok, Djamaluddin dan Suroso,Fuad Nashori.Psikologi Islam: Solusi Islam akan Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Arifin,TatangM. MenyusunRencanaPenelitian. Jakarta: Rajawali Press, 1992.
Basrowi,Siskandar.Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Bandung: Karya Putra Darwati, 2012.
Bateman &Zeithaml.Management Fungtion and Strategies. Foundation of Management, 1990.
Bodman, Robert and Taylor, Steven J. Intraduction to Qualitative Research Method. Toronto: John Wiley and Son Inc, 1975.
Bogdan, Robert C.danBiklen,San R. Qualitative Research for Education An Introduction to Theory and Methods.Boston Allyn and Bacon,1982.
Chatib,Munif.Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa, 2015.
Departemen Agama RI. Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum dan Madrasah: Panduan untuk Guru dan Siswa.Jakarta: Depag RI, 2004.
__________________.PanduanKegiatanEkstrakurikulerPendidikan Agama Islam.Jakarta: DirektoratJenderalKelembagaan Agama Islam, 2005.

Echols, John M. dan Shadily, Hassan. Kamus Inggris – Indonesia: An English – Indonesia Dictionary, Cet. XX. Jakarta: PT. Gramedia, 1992.
Efendi,Kusno. “Hubungan antara Konsep Diri dan Kemampuan Verbal dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas Lima SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta”, Humanitas Indonesia Psychologycal Journal, Vol. 1, No. 1, Januari 2004.
Fatimatuzzohrah, Bq. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler PAI di SMA Muhammadiyah Mataram”, Tesis. Malang: Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim, 2010.
Firmansyah, Nashrul Haqqi. “Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di SD Islam se-Kota Salatiga”, Tesis. Salatiga: Pascasarjana IAIN Salatiga, 2016.
Gagne, M. Robert T. Condition of Learning. Japan: Holt Saunders, 1989.
Gagne, M. Robert T. dan Marcy, Parkins Driscoll. Essentials of Learning for Instruction. Florida: State University, 1989.
Hafifuddin, DidindanTanjung,Hendri.ManajemenSyari’ahdalamPraktek.Jakarta: GemaInsani, 2005.
Hidayat, Ara & Mahaly, Imam. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa, 2010.
Kemendikbud. Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta: Permendikbud No. 62 Tahun 2014.
Kementerian Agama RI. Pedoman Ekstrakurikuler PAI SMP. Jakarta: Direktorat Pendidikan Islam, 2015.
LampiranKeputusanMenteri Agama Republik IndonesiaNomor 165 Tahun 2014tentangKurikulum 2013 Mata PelajaranPendidikan Agama IslamdanBahasa Arab Pada Madrasah.
Lunenburg & Ornstein. Educational Administration Concepts And Practices. London: TLB House, 2012.
Mahdiansyah.Pendidikan Membangun Karakter Bangsa(Peran Sekolah dan Daerah dalam Membangun Karakter Bangsa pada Siswa. Jakarta: Bestari Buana Murni.
MarnodanSupriyatno,Triyo.ManajemendanKepemimpinanPendidikan Isla.Bandung: PT. RefikaAditama.
Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung, 1988.
Moleong, LexyJ. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.
Muhaimin, dkk. Pengembangan Model KTSP pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008.
Mustari, Muhammad. Manajemen Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.
Rombokas, Mary. High School Extracurricular Activities and College Grades, makalah dipresentasikan pada The Southeasthern Conference of Counseling Personnel, Jekyl Island, GA (Oktober 1995) yang dikutip Rachel Hollrah, Extracurricular Activities, dalamhttp://www.public.iastate.edu/~rhetoric/105H17/rhollrah/cof.html
Said. “Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMK Negeri 2 Raha”, Tesis. Makassar: Pascasarjana UIN Alauddin, 2012.
Siagian,P. FilsafatAdministrasi, Jilid 1. Bandung: Gramediana, 2006.
Soetopo,Hendiyat.ManajemenPendidikan. BahanKuliahManajemenPendidikan Program Pascasarjana, Malang, 2001.
Sugiyono.MemahamiPenelitian Kualitatif, Cet. 8.Bandung: Alfabeta, 2013.
Supriadie, Didi dan Darmawan, Deni. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Supriatna, Mamat. Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung: Depdiknas UPI, 2010.
Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Syukur, Fatah. Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2011.
Terry, George. Principle of Management. Homewood Illionis: Ricahrd D. Irwin Inc, 1977.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1988.
Torang,Syamsir.OrganisasidanManajemen.Bandung: Alfabeta, 2014.
Uno, Hamzah B. dan Koni,Satria.Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.
Walter,Dick, Carey,Lou, Carey,James O.The Sistematic Design of Instruction.New Jersey: Pearson, 2001.
Winkel.Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2004.
Zayadi, Ahmad. Desain Pengembangan Madrasah. Jakarta: Depag RI, 2005.
Zazin, Nur. Gerakan Menata Mutu Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Published
2019-09-18
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.