Penerapan Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Ishlah Tembelok Menurut Hamzah B.Uno

Penerapan Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Ishlah Tembelok Menurut Hamzah B.Uno

  • Hasbullah M. Pd. Institut Agama Islam Qamarul Huda Bagu
  • Zainudin M. Ag. Institut Agama Islam Qamarul Huda Bagu
Keywords: Motivasi Belajar, Santri, Hamzah B. Uno.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang motivasi belajar anak menurut Hamzah B, Uno. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kajian kepustakaan (library riserch) yaitu dengan cara melakukan penelahaan terhadap bahan kepustakaan yang dapat memperjelas permasalahan. Adapun sumber kepustakaan yang dimaksud adalah buku, perencanan pembelajaran, belajar dengan pendekatan pailkem, orinetasi baru dalam psikologi pembelajaran, teknologi komunkasi dan informasi pembelajaran, dan profesi kependidikan. setelah itu mengetahui sejauh mana motivasi belajar anak, peneliti melakukan analisis terhadap buku teori motivasi dan pengukuranya karya Hamzah B, Uno. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa, (1) motivasi belajar anak diartikan sebagai kekuatan yang terdapat dalam anak, yang menyebabkan anak tersebut bertindak atau berbuat. Motif tidak diamati langsung, tetapi dapat diinterprestasikan dalam tingkah lakunya, berupa rangsangan, dorongan, atau pembangkit tenaga muculnya suatu tingkah laku tertentu. Motivasi merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan keberhasilan anak di dalam belajar, (2) faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak adalah motivasi instrinsik dan ekstrinsik, motivasi instrinsik adalah hal keadaan yang berasal dari dalam diri anak yang dapat mendorongya untuk melakukan tindakan belajar sedangkan motivasi ekstrinsik adalah hal dan keadaan yang datang dari luar anak itu sendiri yang mendorongnya untuk melakukan tindakan belajar. (3) wujud motivasi belajar anak merupakan sebagai penggerak dan pendorong kegiatan belajar, memperjelas tujuan pembelajaran, menyeleksi arah perbuatan, motivasi interal dan eksternal dalam pembelajaran, menentukan ketekunan dalam pembelajaran. Dan motivasi melahikan motivasi. Motivasi sangat penting dalam pembelajaran anak dalam meraih prestasi belajar.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap hasil penelitian ini, baik berupa koreksi atau penyempurnaan dari hasil penelitian ini, atau mengenai aspek lain yang belum tersentuh di penelitian ini. Misalnya mengenai motivasi belajar anak sudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Adi Isbandi Rukminto.( 1994). Psikologi Pekerjaan Sosial dan Ilmu Kesejahteraan Sosial:Dasar-dasar Pemikiran. Jakarta: Grafindo Persada
Anwar Saefudin (1998). Metodologi Penelitian. Yogyakarta.: Pelajar Offset.
Depdikbub. (1994).Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
Daradjat Zakiah dkk. (2008). Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara.
https//Pengertian Belajar Menurut Para Ahli dan Secara Umum.Zona Refrensi.com.di akses pada tanggal 22 juli 2020
Http//www.Motivasi Belajar Siswa html. Di akses pada tanggal 24 Juli 2020.
Https//www.Pengertian Motivasi Belajar Menurut Para Ahli. Word Press.Com . di akses pada tanggal 31 Juli 2020.
http//www. Pengertian Motivasi Belajar dari Berbagai Pendapat Tokoh terkemuka. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2020. Jam 2:22 Wita
Journal Lantadia.(2016). Vol 4.No 2.
Journal Lantadia. (2017). Vol 5. No.2.
Kosnan R.A. (2005). Susunan Pidana dalam Negara Sosialis Indonesia. Bandung. Sumur.
Malik Oemar, (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Munandi Yudhi. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada Press.
Marsaid. (2015). Perlindungan Hukum Anak Pidana dalam Perspektif Hukum Islam (Maqasid AsySyariah). Palembang. Noer Fikri.
Moleong Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.
Nasir M.(1998). Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Oficce Journal.(2016). Vol 2.No 2.
Oficce Journal.(2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.Vol.2 No.2.
Romah Noer. (2020). Psikologi Pendidikan. Surabaya.CV. Jakad Media Publishing.
Riyanto Nokman. (2018). 7 Karya 1 Buku. Jakarta. Pelita Gemilang Sejahtera
Sardiman A.M. (2007). Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.
Suprijono Agus.(2011). Comperative Leraning/ Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Slameto,(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto Wasty,(2012). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin.(2008). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Uno Hamzah B.(2008).Teori Motivasi Dan Pengukurannya.Jakarta. Bumi Aksara.
Uno Hamzah B. (2016). Perencanan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Uno Hamzah B dan Mohamad Nurdin, (2011). Belajar Dengan Menggunakan Pedekatan Pailkem.Jakarta:PT Bumi Aksara.
Uno Hamzah B, (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran : Jakarta PT Bumi Aksara.
Poerwadarminta W.J.S. (1976). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.Balai. Pustaka.
Zed Metika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.
Published
2020-10-09

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.