http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhuda/issue/feed el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB 2021-06-30T20:30:04+00:00 Sadip Indra Irawan Sayuti Sayutisadip@gmail.com Open Journal Systems <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">el-Huda: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan </span><span style="vertical-align: inherit;">IAI Qamarul Huda Bagu NTB</span></span></p> http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhuda/article/view/4175 PENGARUH METODE BLENDED-INQUIRY Study Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020) 2021-06-27T16:51:17+00:00 fatmawati luluqfatmawati@gmail.com WILDAN luluqfatmawati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode <em>Blended-inquiry </em>berbantuan aplikasi <em>Google classroom </em>terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Populasi pada penelitian ini yaitu semua kelas X MIA di MA Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Sampel penelitian yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 2 setelah dilakukan penyepadanan kelas.&nbsp; Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen tipe <em>Nonequivalent Control Group Design</em>. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan uji instrumen penelitian. Hasil analisis <em>gain score </em>menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada tiap dimensi kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, uji hipotesis menggunakan <em>T-test </em>pada taraf signifikansi 5% menunjukan perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode <em>Blended-inquiry </em>berbantuan aplikasi <em>Google classroom </em>terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.&nbsp;</p> 2021-06-27T16:39:51+00:00 Copyright (c) 2021 el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhuda/article/view/4180 ANALISIS MATERI MEMPRODUKSI TEKS ANALISIS MATERI MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA 2021-06-30T15:29:39+00:00 Syarifudin M. Pd amaqkowi1@gmail.com Muhamad Rozi Iskandar amaqkowi1@gmail.com <p>Judul penelitian “Analisis Materi Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk analisis dalam memperoduksi teks eksplanasi kompleks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif Sumber pada penelitian ini adalah materi menulisdalam memproduksi teks eksplanasi kompleks. Pada analisis materi terutama materi yang ada pada buku ajar dan ditak terlepas dari ketentuan seperti yang biasa dilakukan pada proses pembelajaran pada umumya yakni mengamati, menanya, mencoba, menalar mengomunikasikan.&nbsp;</p> <p>Berdasarkan analisis menyimpulkan bahwa analisis materi memproduksi teks eksplanasi kompleks pada mata pelajaran bahasa Indonesia tidak bisa jauh media, fenomena/pristiwa terdekat. Dengan demikian analisis materi memproduksi teks eksplanasi kompleks akan baik, karena adanya daya tarik tersendiri dari teks eksplanasi kompleks tersebut.</p> <p>Berdasarkan kesimpulan di atas, bahwa analisis materi teks eksplanasi kompleks merupakan satu kesatuan dalam komponen bahasa Indonesia. Sehungga setiap maeteri harus dianalisis dibutuhkan untuk dianalisis.</p> 2021-06-30T15:29:39+00:00 Copyright (c) 2021 el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhuda/article/view/4194 MENINGKATKAN BUDAYA BACA SISWA SISWI MI MIFTAHUL ISHLAH TEMBELOK MELALUI FASILITAS PERPUSTAKAAN 2021-06-30T15:36:20+00:00 Hasbullah M. Pd hasbullahsanid@gmail.com <p>Posisi kepala madrasah sebagai <em>leader</em>, manajer, administrator dan supervisor suatu lembaga pendidikan membutuhkan profesionalisme dari profesi tersebut. MI Miftahul Ishlah Tembelok merupakan lembaga pendidikan Islam tingkat dasarc (ula)&nbsp; yang ikut berperan dalam membimbing&nbsp; calon generasi muda Islam untuk menjadi masyarakat dan umat yang bisa berguna bagi bangsa, agama dan Negara serta dengan sesame manusia lainnya demi mencapai kebahagiaan dan keselamatan duni&nbsp; dan akhirat kelak amin. Segenap perangkat madrasah mulai dari kepala madrasah, dewan guru, stap dan peran serta masyarakat (PSM) lainnya harus dapat melibatkan dirinya untuk membina putra/i (siswa/siswi) guna mencapai harapan dan tujuan bersama.</p> <p>Mengupayakan kerjasama yang baik dalam lembaga pendidikan di MI Miftahul Ishlah Tembelok, diharapkan dapat meningkatkan budaya baca siswa. Hal ini dikarenakan kepala madrasah adalah selaku <em>leader</em>, manajer, motifator, administrator, dan supervisor dengan demikian kepala madrasah harus mengupayakan dan menjalankan profesinya dalam mecapai tujuan yang diharapakan, maka dengan upa inilah bisa lakukan sebagai proses dalam mencerdaskan anak bangsa yang berprestasi dan berbudaya baca. Kepemimpinan adalah suatu kemampuan dan proses mempengaruhi, mengakomodir, mengkoordinir, menggerkkan orang-orang lain yang ada hubungannya dengan pengembangan ilmu pendidikan dan ilmu pengajaran.</p> <p>Sebagai seorang pemimpin dalam hal apa saja maka pemimpin harus memlilki strategis yang jitu, ampuh sebagai pembeda dari yang bukan pemimpin dan pemimpin yang professional adalah pemimpin yang memiliki konsep efektif dan efisien bisa menerapkan kegiatan dengan mudah dan murah, artinya murah dimiliki dan mudah dilaksanakan.&nbsp;</p> 2021-06-30T15:36:20+00:00 Copyright (c) 2021 el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhuda/article/view/4195 SISTIM PEMBIAYAAN MUZARA’AH DI DESA LEBAH SEMPAGA KECAMATAN NARAMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2021 2021-06-30T20:10:25+00:00 Murdani MH murdani@gmail.com <p>Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah sistim pembiayaan dan sistim bagi hasil akad muzara’ah yang ada di Desa Lebah Sempaga Kecamatan Narmada .Yang bertujuan untuk mengetahui seperti apa sistim pembiayaan dan bagi hasil akad muzara’ah yang berlaku dimasyarakat Desa Lebah Sempaga. Sistim pembiayaan muzara’ah yang dilakukan oleh masyarakat Desa Lebah Sempaga mempunyai dua sistim pembiayaan, ada yang menggunakan akad muzara’ah dan akad mukhabarah pada penggarapan sawah dimana semua biaya dikelaurkan oleh pemilik lahan atau sebaliknya semua biaya dikeluarkan oleh penggarap selama penggarapan, kemudian pada penggarapan kebun menggunakan akad muzara’ah dan untuk sistim bagi hasilnya dilakukan dengan mengurangi hasil panen terlebih dahulu pada penggarapan sawah untuk mengembalikan modal yang telah digunakan oleh pihak yang mengeluarkan modal setelah itu hasil bersih dibagi dengan pemilik lahan atau penggarap sama-sama ½ bagian, sedangkan bagi hasil pada penggarapan kebun sesuai dengan kesepakatan pada tanaman yang diakadkan yaitu 70% untuk pemilik lahan dan 30% untuk penggarap</p> 2021-06-30T20:10:25+00:00 Copyright (c) 2021 el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhuda/article/view/4196 PENGEMBANGAN MODEL UNIT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (UKBM) BERBASIS E-LEARNING BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALIME GURU 2021-06-30T20:14:39+00:00 Suci Handayani handayanisuci99@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, Pembelajaran model UKBM berbasis <em>e-learning</em> berpusat pada peserta didik secara mandiri. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan model UKBM <em>e-learning. </em>Sumber penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di MA Nurul Mukhlisin. Data berupa Hasil Analisis Nilai <em>Pre-Test</em> &nbsp;dan <em>Post –Test </em>Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol Eksperimen 42,91, 85,34, 0,74, Tinggi, Kontrol 43,55, 80,96, 0,68, sedang. Hasil Uji Normalitas Data <em>Post Test, </em>Eksperimen 85,34, 11,070, Normal. Kontrol 80,96, 4,4910, 11,070, Normal. Hasil peneitian ini adalah Model UKBM berbasis <em>e-learning </em>materi pokok teks anekdot yang berupa: 1) Silabus, 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 3) UKBM <em>e-Learning</em>, dan 4) Instrumen evaluasi telah memenuhi kriteria valid.&nbsp; Hal ini terlihat dari validitas perangkat pembelajaran dalam penelitian mencapai lebih dari 3,25.</p> 2021-06-30T20:14:39+00:00 Copyright (c) 2021 el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhuda/article/view/4197 Islam Indonesia 2021-06-30T20:30:04+00:00 Sadip Indra Irawan Sayuti sayutisadip@gmail.com Muhamad Bindaniji muhamadbindaniji@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendedah model keagamaan masyarakat Indonesia yang distingsif dan memiliki karakter yang berbeda dengan model keagamaan masyarakat Islam lainnya. Fokus kajian ini adalah memberikan argumentasi bahwa Islam Indonesia dengan karakter moderat (<em>wasaṭīyah</em>) dapat menjadi tawaran model keagamaan umat Islam di seluruh dunia. Karakteristik moderasi Islam Indonesia dapat dilihat dari mengompromikan antara unsur universalitas Islam dengan lokalitas budaya Indonesia dan antara nasionalisme dan agama. Karakteristik ini terbentuk dari genealogi Islam yang dibawa Ulama Nusantara menekankan perdamaian dan meminimalisir kekacauan. Selain itu pengalaman mendirikan negara Indonesia yang melibatkan banyak elemen masyarakat dari berbagai suku, ras dan agama turut dalam proses pembentukan karakteristik Islam Indonesia. Kajian ini berkesimpulan bahwa model keagamaan Islam Indonesia dapat menjadi prototype keagamaan yang dapat ditawarkan kepada masyarakat global dan memiliki peran signifikan bagi peradaban Islam secara universal.</p> 2021-06-30T20:20:53+00:00 Copyright (c) 2021 el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhuda/article/view/4198 IJTIHAD DAN TAQLID DALAM PEMIKIRAN HUKUM ISLAM 2021-06-30T20:26:23+00:00 Kamrullah M.HI kamrullah01@gmail.com Samsahudi M.HI kamrullah01@gmail.com <p>Ijtihad pada masa awal generasi Islam telah dipraktekkan secara bebas tanpa ada aturan formal yang mengikatnya dan dalam perkembangan berikutnya para Usuliyun membuat aturan-aturan yang ketat untuk bisa melakukan ijtihad atau istinbath al-hukm, hal tersebut sebagai tindakan preventif terhadap masuknya orang-orang yang bukan ahli ijtihad ikut terjun ke dalam melakukan ijtihad. Apabila orang-orang yang tidak ahli ikut berijtihad, maka bangunan fiqih akan kacau karena mereka tak memiliki keahlian dalam melakukan ijtihad seperti para imam mazhab yang memiliki keilmuan yang sangat dalam dan luas, ini merupakan langkah positif demi ke hati-hatian, sehingga tidak semua orang bisa melakukan ijtihad yang justru akan membahayakan Islam. Kajian mengenai ijtihad pada intinya tidak boleh menyentuh nash nash qath'iy aldalalah, namun ia hanya menyentuh terhadap nash yang Zhonny dalalahnya atau kasus yang tidak memiliki ketetapan nash mengenai hukumnya.</p> <p>Doktrin theologi juga ikut serta memberikan kontribusi penciptaan kedua limitasi tersebut. Pertama, kelompok Suni yang menomorduakan akal, melarang ijtihad memasuki wilayah-wilayah yang berbicara teatang Kalam, ľ'tiqod atau batasan-batasan teologi lainnya. Dalam masalah-masalah tersebut, kebenaran hasil ijtihad hanyalah satu, yang lainnya salah dan berdosa, sehingga tak ada peluang ijtihad karena termasuk masalah yang qath'iy. Kedua, mayoritas kelompok Sunni mengakui kemungkinan vacumnya suatu masa dari mujtahid pasca Imam Mazhab.</p> <p>Adanya batasan yang ketat dalam melakukan ijtihad hukum membawa dampak dalam pemikiran hukum Islam. Dengan demikian, tawaran teori ijtihad dalam tanda petik bukan mujtahid mutlaq adalah suatu keniscayaan untuk menjawab masalahmasalah kekinian dan fungsi Syariah yang selalu mengacu pada terwujudnya kemaslahatan umat.</p> 2021-06-30T20:26:23+00:00 Copyright (c) 2021 el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB