PENGARUH METODE BLENDED-INQUIRY Study Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020)

PENGARUH METODE BLENDED-INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS (Study Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020)

  • fatmawati IAI QAMARUL HUDA BAGU
  • WILDAN IAI QAMARUL HUDA BAGU
Keywords: Blended-inquiry, Google classroom, Kemampuan Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Blended-inquiry berbantuan aplikasi Google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Populasi pada penelitian ini yaitu semua kelas X MIA di MA Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Sampel penelitian yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 2 setelah dilakukan penyepadanan kelas.  Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan uji instrumen penelitian. Hasil analisis gain score menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada tiap dimensi kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, uji hipotesis menggunakan T-test pada taraf signifikansi 5% menunjukan perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Blended-inquiry berbantuan aplikasi Google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. 

References

Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 597-602.

Dewi, E. K., & Jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X Di SMAN 22 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 936-950.

Fitriani, H., & Ikhsan, M. (2018, March). IMPLEMENTAASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BLENDED COMMUNITY OF INQUIRY UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (pp. 189-198).

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2018, February). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Hadi, D. I., & Junaidi, J. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 PARIAMAN. SOCIUS, 4(1), 22-30.
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT, 2(1).
Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh problem based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan, 23(1), 33-47.
Marzuki, M., & Basariah, B. (2017). The influence of problem-based learning and project citizen model in the civic education learning on student’s critical thinking ability and self discipline. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3).
Ma’rifah, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Cooperative Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SD Negeri 3 Puluhan Trucuk Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: Skripsi Dipublikasikan.
Peraturan Kemendikbud nomor 20 tahun 2016.
Purwanto, E., Ramly, L. N., & Nugraha, A. (2014). Implementasi Model Inquiri sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 YOGYAKARTA pada Mata Pelajaran Sosiologi. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 9(01).
Redhana, I. W. (2012). Model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan socratik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3).
Samsudin, M. D. I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Model Observasi Lapangan (OUTDOOR STUDY) dan Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa IPS SMA Negeri 3 Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2).
Simanjuntak, Lisnawati. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1 Artikel 8.
Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Mengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, (1), 44-56.
Suwono, H., Susanti, S., & Lestari, U. (2017). Guided inquiry facilitated blended learning to improve metacognitive and learning outcome of high school students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 824, No. 1, p. 012068). IOP Publishing.
Yulianto, R. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SDN I KEPUHSARI, KECAMATAN MANYARAN, KABUPATEN WONOGIRI. BASIC EDUCATION, 5(12).
Waris, W., & Susilo, H. Improving Learning Motivation and Cognitive Learning Outcomesusing Blended Learning-Based Guided Inquiry Strategy Through Lesson Study in Genetics. In 2nd International Conference on Education and Language 2014. Bandar Lampung University.
Published
2021-06-27
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.