Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Quis Creator dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas VII MTs. Dayama Mengkuru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur

  • Abdul Azizul Hakim Universitas DR. Soetomo Surabaya

Abstract

This study aims to determine the effectiveness and attractiveness of the use of Multimedia media wondershare quis creator to increase student motivation. This research was conducted in MTs. Dayama Mengkuru because teaching and learning activities (KBM) carried out in these schools, especially in ICT subjects have used multimethods and multimedia, it's just that it is still limited to the use of microsoft power point simple medi so it still seems less effective. The type of this study uses the analysis method of Dick and Lou Carey. While the sample taken by the seventh grade students, using the pattern of one group pretest and posttest design. The data used are daily repetition values before and after being treated, then analyzed using t test. The results showed that the wondershare quis creator-based multimedia learning media used had a high level of effectiveness and attractiveness. The high level of interest and motivation to learn shows that there is a high level of student interest in teaching and learning activities, especially during ICT subjects. This finding is supported by the fact that the average score of students' daily tests increased by 18.49% from 69.96 to 82.90.

References

Amri, Sofan. Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013.
Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta: 2006.
--------------------, Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka cipta, 2005.
--------------------,Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Arie Sandy, Teguh. Modul Workshop #22 Multimedia Interaktif, Makalah disampaikan pada Pelatihan Pembuatan AutoPlay, Flipbook Maker dan Quiz Creator. Aula Perpustakaan Universitas Negeri Malang.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997.
Carey, Lou and Walter Dick. The Systematic Design Of Instruction. USA. 1978. Dikutip dalam Proposal Tesis Husni Mubarok Pengembangan Media Ajar berbasis Autoplay. Dalam Pembelajaran PKN Kelas III di SDI As-Salam Malang.
Chatib. Munif. Sekolahnya Manusia, Bandung: Mizan Pustaka, 2009. Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2010.
-------------. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Publisher,2009. Degeng, Sudana. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdigbud 1989. Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum 2004 Kerangka Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2004.
Hamalik, Oemar. Media Pendidikan. (Bandung: Penerbit Alumni. 1985.
Heinich, R; Molenda,M; Russell,J. & Smaldino, S. Instructional Media and Technologies For Learning (6th ed), USA: Merrill/Prentice Hall. 1999.
Hernawati, Kuswari. Modul Pelatihan, disampaikan dalam kegiatan PPM dengan judul: Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Perangkat Lunak Autoplay Media Studio bagi Guru Sekolah Menengah di Laboraturium Komputer Jurdik Matematika FMIPA UNY
Ilfa Rachmania, Yulia. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Realistik Pokok Bahasan Segiempat Untuk Siswa SMP Kelas VII. Program Sarjana UM.

Kreativity, Java dan Masruri. Presentasi Interaktif dengan Autoplay Media Studio. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kurniawati, Ayu. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft Power Point, Yogyakarta: UIN Yogyakarta, 2011.
Kusuma, Dedi Wijaya. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Indeks, 2009.
L. Siberman, Melvin. Active Learning 101 strategies to Teach Any Subject. (Allyn and Bacon, Boston, 1996). Penerjemah, Raisul Muttaqien, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia, 2014
Masruri dan Java Kreativity, Presentasi Interaktif dengan Autoplay Media Studio. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Muhaimin, dkk.. Strategi Belajar Mengajar, Penerapan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama. Surabaya: Citra Media. 1995.
Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran;Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta; GP Press Group, 2013.
Munir, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komusikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.
Musyarapah. Manajemen Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan (Studi Multikasus di Madrasah Diniyah Wustha Putera Darussalam Martapura, Madrasah Tsanawiyah Normal Islam Putri Rakha Ukhuwah Banjarmasin Kalimantan Selatan), Disertasi Menejemen Pendidikan Islam UIN Malang 2015.
Rasyad, Aminuddin. Teori Belajar dan Pembelajaran, jakarta: Uhamka Press, 2003.

Rohendi, Dedi dkk. Efektivitas Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Terhadap hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK. 2010. Jurnal Pendidikan Rosyidi, Abdul Wahab. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang:UIN Malang Press 2009. Sadiman, Afief S. dkk. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya, Jakarta: Pustekkom Dikbud & CV, Rajawali, 1986.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.
-----------, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta: 2008.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1991. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan islam .Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru,2003,
T.D. Green, & Brown, A. Multimedia Projek In The Classroom. 2002. USA: Corwin Press,Inc
T. Vaughan. Multimedia: making it work (2nd ed), USA: McGraw-Hill 1994. Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka publisher, 2007.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Rhusti Publisher, 2009. 5
Usman, Basyiruddin dan Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Uyun, Fitratul. Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan Pendekatan Humeneutik bagi kelas 5 MIN 1 Malang. Thesis. Malang:Program Pascasarjana UIN Maliki Malang. 2010.
Wahidmurni, Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan; Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (Skripsi, Thesis dan Disertasi),
Malang: UM Press, 2008. www.file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.../artikel_2.pdf. http://indark007.wordpress.com/2009/02/19/sejarah-kebudayaan-islam http://id.wikipedia.org/wiki/sejarah diakses Minggu. 3 Mei 2015, 21:20
http://rheea-mc-hanna.blogspot.com/2012/01/karakteristik-media-slide.html http://yossiekudotcom.wordpress.com/2011/09/27/pembelajaran-berbasis-multimedia/
Published
2019-10-11
How to Cite
Hakim, A. (2019). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Quis Creator dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas VII MTs. Dayama Mengkuru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 162-166. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/elkatarie.v2i1.3617
Section
Articles