Pendidikan Moral Terhadap Perilaku Siswa SMA Negeri 1 Kediri Lombok Barat Mataram NTB

  • Zainudin Zainudin STIT Darussalimin NW Praya Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Abstract

adapi berbagai perubahan yang terjadi, bangsa Indonesia dihadapkan dengan berbagai persoalan termasuk persoalan moral. Krisis moral yang terjadi dan dapat dilihat pada hampir semua lapisan masyarakat, termasuk dikalangan pelajar.Pendidikan moral merupakan upaya untuk membantu subyek didik mengenal, menyadari pentingnya, dan menghayati nilai-nilai moral yang seharusnya dijadikan panduan bagi sikap dan perilakunya sebagai manusia, baik secara perorangan maupun bersama-sama dalam suatu masyarakat. Nilai moral mendasari prinsip dan norma hidup baik yang memandu sikap dan perilaku manusia sebagai manusia dalam hidupnya. Kualitas hidup seseorang sangat ditentukan oleh nilai-nilai, termasuk didalamnya nilai moral yang senyatanya dihayati sebagai pemandu serta penentu sikap dan perilakunya, baik dalam hubungannya dengan diri sendiri, orang lain, alam sekitar maupun dalam hubungnnya dengan Tuhan. Watak dan kepribadian seseorang dibentuk oleh nilai-nilai yang senyatanya dipilih, diusahakan, dan secara konsisten dihyati dalam tindakan. Dalam Sistem pendidikan nasional di Indonesia sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan tegas merumuskan tujuan pendidikan, yaitu: mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Maksud manusia seutuhnya adalah manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral luhur. Disamping itu juga memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Pendidikan dan pengajaran sebenarnya suatu upaya membantu pertumbuhan dan perkembangan peserta didik untuk meningkatkan kualitas perilakunya ke arah yang lebih baik dan lebih maju. Jadi secara implicit pendidikan itu telah bermuatan untuk menanamkan kesadaran terhadap semua nilai-nilai kebaikan dan keburukan, sehingga diharapkan para lulusannya meningkatkan perilaku baiknya dari waktu ke waktu dan perilaku buruk berkurang sebanyak mungkin, jika tidak dapat dihapuskan sama sekali. Oleh karena itu di dunia ini masalah baik dan buruk itu tetap ada, dan manusia memang tidak sempurna seratus persen, artinya manusia memang memiliki kelebihan-kelebihan, tetapi juga tidak luput dari kelemahan-kelemahan. Oleh karenya selalu ada kemungkinan berbuat salah atau tidak baik, terlebih lagi dengan derasnya arus globalisasi tentulah akan membawa banyak pengaruh, baik pengaruh yang baik maupun pengaruh yang buruk, maka kemampuan memilih hal-hal yang baik perlu ditingkatkan terus menerus. Ada Beberapa pendidikan moral pada kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMA Negeri 1 kediri Lombok Barat, dapat diketahui bahwa dalam melakukan internalisasi nilai-nilai moral peserta didik di SMA Negeri 1 kediri Lombok Barat,dilakukan melalui 4 (empat) tahap yaitu: 1) tahap pemberian pengetahuan, 2) tahap memahami, 3) tahap pembiasaan, dan 4) tahap transinternalisasi

References

Al-Qur‟an dan Terjemahanya. Semarang: PT. Tanjung Mas Inti.
Abdullah, Taufik. 2002. Ensiklopedi Dunia Islam Jilid 3. Jakarta: PT. Ichtiar Baru
Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Al Albani, Muhammad Nasruddin. 2006. Shahih Sunan At-Tarmidzi Jilid 2. Jakarta: Pustaka Azzam.
. 2007. Ringkasan Shahih Muslim. Jakarta: Pustaka Azzam.
Ali, Muhammad Daud. 2006. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiyah. 1994. Remaja Harapan Dan Tantangan. Jakarta: Ruhama.
Departemem Agama RI. 2005. Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang: IKIP.
Fuad, Amsyari. 1995. Islam Kaffah Tantangan Sosial dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Gema Insani.
Langgulung, Hasan. 1992. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muhaimin dkk. 1996. Srategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Muhaimin dan Abdul Mudjib. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangaka Dasar Operasionalnya. Bandung: Triganda Karya.
Published
2019-09-05
How to Cite
Zainudin, Z. (2019). Pendidikan Moral Terhadap Perilaku Siswa SMA Negeri 1 Kediri Lombok Barat Mataram NTB. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(02), 42-63. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/elkatarie.v1i02.3618
Section
Articles