Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Di MA Palapa Nusantara NW Selebung

  • Suhaili Munahar STIT Palapa Nusantara

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dengan penerapan metode cooperatif learning. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena dalam proses pembelajaran masih ditemukan masalah atau hambatan terhadap guru maupun siswa yang melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus ke dua, dimana dalam setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, obsevasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksaanakan pada siswa kelas XII MA Palapa Nusantara semester ke dua tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data pada siklus satu dan siklus dua menggunakan tes subyektif atau pilihan ganda  yang dibuktikan dengan analisis serta hasil dari observasi yang membantu peneliti dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa, hasil penelitian menunjukkan mengalami peningkatan sebesar 37%. Hasil belajar siswa rata-rata mencapai 62 menjadi 89 hasil ini mengalami peningkatan sebesar 27%.

References

A. Malik Fadjar. 1999. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.
Andayani, dkk. 2010. Pemantapan Kemampuan Profesioanl. Jakarta: Universitas Terbuka,
Aswani, Zainul. 2005. Komputer dan media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
BNSP. 2006. Standar isi Kompetensi dasar mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
Gatot, Muhsetyo dkk. 2007. Pembelajaran PKn. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyani, Sumantri, dan Nana Syodih. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Samsudin, Abin. 2004. Profesi Keguruan 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suciati, dkk. 2004. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakata: Universitas Terbuka.
Wardani, I.G.A.K. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Wahyudi Duin, dan Supaiyati, Ishak. 2001. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winartaputra, Udin s.dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran PKn SMA Jakarta: Universitas Terbuka.
Winataputra , dkk. 2004. Strategi belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Setiati, Rahayuningsih Fajar. 2008. PKn MA/SMA. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Published
2020-03-17
How to Cite
Munahar, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Di MA Palapa Nusantara NW Selebung. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 258- 274. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v2i1.3789
Section
Articles