Implikatur Dalam Novel Dilan Dia adalah Dilanku Tahun 1990 Karya Pidi Baiq

Bahasa Indonesia

  • Siti Solehah dan Eva Nurmayani
Keywords: Pragmatik, Jenis Implikatur, Wujud Implikatur, Makna Implikatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis, wujud dan makna implikatur dalam novel “Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990†karya Pidi Baiq. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian analisis teks. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, dapat ditarik simpulan bahwa jenis implikatur dalam novel “Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990†karya Pidi Baiq yaitu implikatur percakapan umum, implikatur percakapan khusus, implikatur beskala, dan implikatur konvensional. Adapun wujud implikatur yang terdapat dalam novel adalah wujud kalimat berita (deklaratif), wujud kalimat tanya (introgatif), wujud kalimat perintah (imperatif). Makna implikatur yang terdapat dalam novel Dilan Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq adalah makna yang mengacu pada prinsip kerjasama.

References

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Aneka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif: Ancangan Metotelogi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: Pustaka Setia.
Pidi. 2018. Dilan Dia adalah Dilanku Tahun 1990. Bandung: Pastel Book
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nadar. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nurgiantoro, Burhan. 2018. Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Published
2021-01-28
How to Cite
Eva Nurmayani, S. S. dan. (2021). Implikatur Dalam Novel Dilan Dia adalah Dilanku Tahun 1990 Karya Pidi Baiq: Bahasa Indonesia. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 474-486. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v3i2.4041
Section
Articles