Pengembangan Institusi Pendidikan Dalam Era Globalisasi

Bahasa Indonesia

  • Zainudin Zainudin
Keywords: Pendidikan, Sistem Pendidikan, globalisasi

Abstract

Kaitan antara globalisasi dan pendidikan menurut Giddens terletak didalam lahirnya suatu masyarakat baru yaitu “knowledge-based-society†yang merupakan anak kandung dari proses globalisasi. Karena globalisasi, ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat yang merupakan dasar dari globalisasi ekonomi dan politik di dunia ini. Namun demikian suatu “knowledge-based society†yang didasarkan kepada ilmu pengetahuan akan terus-menerus berubah dan merupakan subyek untuk revisi. hal ini memerlukan apa yang disebutnya sikap refleksif dari manusia yaitu kemampuan untuk merenungkan mengenai kehidupannya berdasarkan rasio.Untuk itu pendidikan sangat penting didalam mewujudkan masyarakat masa depan yang berdasarkan ilmu pengetahuan, melalui pendidikan proses transmisi serta pengembangan ilmu pengetahuan akan terjadi. Lahirnya globalisasi , yang kemudian disusul dengan penetrasi teknologi yang sangat canggih, menjembatani bangsa-bangsa didunia ini menjadi global village. Globalisasi berkembang melintasi batas-batas keelokan. Dalam kondisi seperti ini dunia mengarah pada proses integrasi dan homogenisasi budaya. Akan tetapi proses integrasi dan homogenisasi ini menimbulkan reaksi yang beragam. Ada berbagai dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi terhadap dunia pendidikan, yaitu: Dampak Positif globalisasi Pendidikan dan Dampak negative globalisasi dalam pendidikan. Globalisasi dunia pendidikan mampu memaksa liberalisasi berbagai sektor, mengakibatkan melonggarnya kekuatan kontrol pendidikan oleh Negara karena mengacu ke Standar Internasional, yang mana bahasa Inggris menjadi sangat penting sebagai bahasa komunikasi, agar dapat bersaing di era globalisasi saat ini.

References

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Ciputat: Logos, 2000.
Azra, Azyumardi. “Pesantren: Kontinuitas dan Perubahan” dalam Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.
A. Steenbrink, Karel. Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES, 1994.
Barnadib, Imam. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adicita, 2002.
Barnadib, Imam. Dasar-Dasar Kependidikan: Memahami Makna dan Perspektif Beberapa Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia. 1996.
Buchori, Mochtar. “Posisi dan Fungsi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Umum,” Makalah: Seminar Nasional. IKIP Malang, 24 Februari, 1992.
Danim, Sudarwan. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Drewes, G.W.J..An Early Javanese Code of Muslim Ethics. The Hague: KITL V Nijhoff Bibliotheca Indonesia, 1978.
Kementerian Pendidikan Nasional & Kementerian Agama RI. Peningkatan Manajemen Melalui Penguatan Tata Kelola dan Akuntabilitas di Sekolah/Madrasah. Jakarta: Dikdasmen& Direktorat Pendis, 2009.
Maftuh Basuni, Muhammad. “Pendidikan Agama Belum Capai Tujuan,” Tempo, 24 November 2004.
Mahfudh, Sahal. Nuansa Fiqih Sosial. Yogyakarta: LKiS, 1994.
Malik Fadjar, A. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan, 1998.
Mas’ud, Abdurrahman. “Sejarah dan Budaya Pesantren” dalam Dinamika Pesantren dan Madrasah. ed. Ismail SM, et al. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Mochtar, Affandi. Membedah Diskursus Pendidikan Islam. Ciputat:
Kalimah, 2001.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers, 2005.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: LeKDiS. 2005.
Sairin, Sjafri. Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia: Perspektif Antropologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Soedijarto. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta: Kompas, 2008.
Suroso, Djarot S. Pendidikan Nasional di Indonesia. http:// www.scrib.com/doc/ 6480664 /Milenial-Pendidikan#
Suyanto. Reformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Komite Reformasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2001.
Syukur, Fatah. “Madrasah di Indonesia: Dinamika, Kontinuitas dan Problematika” dalam Dinamika Pesantren dan Madrasah. ed. Ismail SM., et al. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Tilaar, H.A.R. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Bandung: Rineka Cipta, 2004.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara, 2003.
Wahid, Abdul. “Manajemen Berbasis Madrasah: Ikhtiar Menuju Madrasah yang Mandiri” dalamDinamika Pesantren dan Madrasah. ed Ismail SM et.al Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Zamroni. Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi:Prakondisi menuju era Milenial. Jakarta: PSAP Muhammadiyah.
Published
2021-02-01
How to Cite
Zainudin, Z. (2021). Pengembangan Institusi Pendidikan Dalam Era Globalisasi: Bahasa Indonesia. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 487-501. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v3i2.4043
Section
Articles