Abstract: The COVID-19 pandemic PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI COVID-19

ARABIC LANGUAGE LEARNING IN THE TIME OF THE COVID-19 PANDEMIC

  • Febria Syifau'nnufus Syifa UIN Mataram
Keywords: Online learning

Abstract

Pandemic covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini berdampak besar pada berbagai sector, salah satunya adalah pendidikan. Dunia pendidikan juga ikut merasakan dampaknya. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan walaupun peserta didik tetap berada di rumah. Solusinya, pendidik di tuntut harus mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan media online. Tujuan penelitian ini adalah sebagai bentuk tinjauan umum terhadap pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 serta apa saja problematika yang dihadapi guru maupun siswa dalam proses pembelajaran bahasa arab di tengah pandemic covid-19. Penelitian ini termasuk dalam studi literatur. Analisis dilakukan dari berbagai artikel maupun sumber sejenis terkait pembelajaran online pada masa pandemic.Kata Kunci: Pembelajaran Online, Bahasa Arab, Pandemi Covid-19

References

Dabbagh, N. and Ritland. B. B, Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson, 2005.

Nasution, S, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.


Herlina, maman suherman, “ potensi pembelajaran jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di tengah pandemic corona (covid-19) di sekolah dasar,” Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education 8, no.1 (Januari-juni 2020)2581-0383, diakses 13 Juni 2020, http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/index.

Nanang Kosim, Imam Turmudi, dkk, “pembelajaran bahasa arab melalui daring; problematika, solusi dan harapan”, diakses pada tanggal 14 Juli 2020 melalui situs https://digilib.uinsgd.ac.id
Milya Sari, Asmendari, “ Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA”, NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (1), 2020, (41-53), ISSN: 2715-470X (Online), 2477-6181 (Cetak) diakses pada tanggal 28 November melalui https://ejournal.uinib.ac.id
Luh Devi Herliandry, Nurhasanah, dkk. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 22, No. 1, April 2020, diakses pada tanggal 28 November 2020 melalui http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
Firman, Sari Rahayu Rahman, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19” , Indonesian Journal of Educational Science (IJES, Volume 02, No 02 Maret 2020 diakses pada tanggal 5 Desember melalui https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/569

Ananda Hadi Elyas, “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran” Jurnal Warta Edisi : 56, April 2018 | ISSN : 1829 – 7463, diakses pada tanggal 6 Desember 2020, http://jurnal.dharmawangsa.ac.id

Mulyani, W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FTK UIB Syarif Hidaytullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstre

Santoso, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/1235179
Setyosari, P. (2007). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Majalah Ilmiah Pembelajaran 2, 1-10. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/art icle/view/5992
Published
2021-11-23
How to Cite
Syifa, F. S. (2021). Abstract: The COVID-19 pandemic PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI COVID-19: ARABIC LANGUAGE LEARNING IN THE TIME OF THE COVID-19 PANDEMIC. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 759-770. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v4i2.4256
Section
Articles