Turbulensi Kepemimpinan Kiai Dalam Resolusi Konflik Pesantren-Masyarakat di Bali

Bahasa Indonesia

  • Haya
Keywords: Kepemimpinan Kiai, Konflik Pesantren

Abstract

Di tengah pengaruh digitalisasi yang melemahkan kekhasan lokal, gaya kepemimpinan kiai bertahan dan terus berkembang dalam menyebarkan Islam melalui pengembangan pesantren di Bali. Praktik kepemimpinan kiai bukan hanya memperlihatkan berlakunya suatu nilai-nilai keislaman yang konsisten di tengah-tengah sikap nyinyir ortodoksi Islam terhadap kemajemukan berbangsa dan bermasyarakat. Keteribatan kiai dalam kehidupan keagamaan yang toleran menyuguhkan praktik keislaman yang penuh kedamaian dan kerahmatan. Gaya kepemimpinan kiai menghasilkan corak pesantren toleran yang hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat Hindu-Budha di Pulau Dewata itu. Gaya kepemimpinan kiai dalam menyelesaikan konflik pesantren dan masyarakat di Bali diperlihatkan dalam bentuk penyeesaian yang damai. Praktik kepemimpinan kiai dalam penyelesaian konflik di Bali berupa adanya pesantren toleran menunjukkan adanya sikap inklusif terhadap masyarakat sekitar. Keterbukaan masyarakat Bali terhadap keberadaan dan perkembangan pesantren disambut baik oleh berbagai pihak. Tahun 2017, para peserta Bali Summit, yaitu pertemuan bergengsi menteri se dunia berkunjung ke Pesantren Toleran Bali Bina Insani di Tabanan Bali. Kunjungan tersebut merupakan pengakuan keberhasilan kepemimpinan kiai dalam menghadirkan kehidupan keberagamaan yang damai bagi sesama.  

References

Atmaja, Nengah Bawa. 2010. Geneologi Keruntuhan Majapahit Islamisasi, Toleransi dan Pemertahanan Agama Hindu di Bali. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baldwin, Timothy T., Bommer, William H. and Rubins, Robert S. 2013. Managing Organizational Behavior. New York, McGraw-Hill Irwin.
Bastian A. Reza. 2002. Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.
Hasbullah. 1999. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hidayat, Komaruddin at.all. 2001. Agama di engah Kemelut. Jakarta: Mediacita.
Owens, Robert G. 1991. Organizational Behavior In Education. USA: Allyn And Bacon.
Lexi, Moelong. 1991. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung ; Remaja Rosdakarya.
Lings, Martin. Muhammad; Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik. Jakarta: Serambi.
Mastuhu. 2003. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Yogyakarta: Safiria Insari Press.
Ma’arif, Syamsul. 2015. Pesantren Inklusif Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Pulungan, J. Sayuthi. 1996. Prinsip-Prinsip Pemerintahan dalam Piagam Madinah ditinjau dari Al-Qur’an. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Riyanto, Yatim. 2001. Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC.
Robbins, Stephen P And Judge. 2014. Timothy A. Essentials of Organizational Behavior. USA: Pearson Education, Inc.
________________. 1996. Conflict Management. USA: Pearson.
Rodliyah, St. 2012. Partisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Keputusan dan Perencanaan di Sekolah. Jember: STAIN Jember Press
___________________. 2007. “Membumikan” al-Qur’an: Fungsi dan Peranan Wahyu dalam Kehidupan. Bandung: Mizan.
Wahid, Abdurahman. 2001. Menggereakkan Tradisi. Yogyakarta: LKiS.
Water, Malcolm. 2003. “Modern Sociological Theory” dalam Nur Syam, “Tradisi Islam Lokal Pesisiran (Studi Konstruksi Sosial Upacara Pada masyarakat Pesisir Palang Tuban Jawa Timur”. Disertasi, Universitas Airlangga, Surabaya.

JURNAL:
Bashori. 2017. “Manajemen Konflik Di Tengah Dinamika Pondok Pesantren Dan Madrasah” Muslim Heritage, Vol.1 nomor 2 November 2016-April.
Chaudhry, Atif Masood And Asif, Rehman. 2015. “Organizational Conflict and Conflict Management; A Synthesis Of Literature”. Journal of Business and Management Research, 9.
Ghorbani, Mahmood And Razavi, Nazanin Homaye. 2011. the study of reletionship between organizational culture and conflict management. Middle East Journal Of Scientific Research 10 (2).
Hilmann, Ralph K. 1977. Developing a Forced-Choice Measure of Conflict-Handling Behavior: The "Mode" Instrument. Journal Educational and Psychological Measurement. Vol. 37, No. 2.
Jannah, Hasanatul. 2015. Kyai, Perubahan Sosial, dan Dinamika Politik Kekuasaan: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan Vol. 3, No. 1, Juni
Published
2021-10-08
How to Cite
Haya. (2021). Turbulensi Kepemimpinan Kiai Dalam Resolusi Konflik Pesantren-Masyarakat di Bali : Bahasa Indonesia. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 678-696. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v4i2.4334
Section
Articles