Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19

Bahasa Indonesia

  • Misbachul Munir, M. Ripin Ikwandi dan Triana Rosalina Noor
Keywords: Manajemen Kurikulum, Kualitas Pembelajaran, Pandemi Covid-19

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat pengalaman belajar yang dirancang untuk siswa dalam usaha mencapai tujuan pendidikan. Terkait pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia, membuat pihak sekolah melakukan penyesuaian-penyesuaian atas kurikulum yang diterapkan. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran selama pandemi Covid 19 di yang ada di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hasyim Asy'ari, Desa Bangsri, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumen dengan melibatkan informan penelitian secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pandemi Covid-19 membawa pada penyesuaian kurikulum yang dilakukan terencana dan sistematis perlu dilakukan agar tetap bisa meningkatkan kualitas pembelajaran. Terkait peroses perencanaan, perlu dilakukan penyesuaian terkait kompetensi dasar yang hendak dicapai karena saat pembelajaran daring dan desain RPP yang menarik untuk menungkatkan minta siswa untuk belajar. Selain itu optimalisasi pembelajaran daring, home visit dan memperkuat jalinan komunikasi dengan wali murid agar kualitas pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 tetap bisa terjaga kualitasnya.

References

Arifin, Zainal. Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Cresswell, John W. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Daswirman, Daswirman. ‘Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Peran Komite SekolahTerhadap Ketersediaan Sarana Labor IPA Pada SMPN Di Kota Sawah Lunto’. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 7, no. 1 (2019): 33–44.
Dimyati, Dimyati, and Mudjiono Mudjiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2015.
Giantika, Gan Gan. ‘Strategi Komunikasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan Di Masa Pandemi Covid-19’. Jurnal Komunikasi 11, no. 2 (2020): 143–150.
Indrawijaya, Adam Ibrahim. Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000.
Miles, Matthew B, A Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Third Edition. USA: Sage Publications, 2014.
Noor, Triana Rosalina. ‘Analisis Desain Fasilitas Umum Bagi Penyandang Disabilitas (Sebuah Analisis Psikologi Lingkungan)’. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi 2, no. 2 (2017): 133–150.
———. ‘Bibliotherapy Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Remaja’. Jurnal Studia Insania 8, no. 2 (2020): 164–182.
———. ‘Manajemen Pendidikan Anak Melalui Program Outbound Di TK Al Muslim Surabaya’. SELING: Jurnal Program Studi PGRA 3, no. 2 (2017): 64–75.
———. ‘Pendidikan Islam Sebagai Sebuah Sistem Di Era 4.0’. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 153–171.
———. ‘Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 Di SDN Sumput Sidoarjo’. Al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 9, no. 1 (2021): 20–31.
Noor, Triana Rosalina, and Khoirun Nisa’il Fitriyah. ‘Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural’. Palapa 9, no. 1 (2021): 76–95.
Novianti, Dwi Erna. ‘Kurikulum Dan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19 Apa Dan Bagaimana?’ Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1, no. 1 (2020): 70–75.
Oliva, Peter F. Developing The Curriculum 3rd Edition. New York: Harper Collins Publisher, 1992.
Puspitasari, Ayu, and Triana Rosalina Noor. ‘Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Adversity Quotient (AQ) Siswa Selama Pandemi Covid-19’. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 3, no. 2 (2020): 439–458.
Rahman, Muhammad. Kurikulum Berkarakter (Refleksi Dan Proposal Solusi Terhadap KBK Dan KTSP). Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012.
Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitan Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2016.
Wahyudin, Dinn. Manajemen Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
‘Hasil Wawancara Bpk. M. Husnuddin S.Pd.I Selaku Kepala MI Hasyim Asy’ari, Sidoarjo 4 Januari 2021 Pukul 08.30 WIB’
‘Hasil Wawancara Ibu Nur Masftyah, S.E Selaku Waka Kurikulum MI Hasyim Asy’ari, Sidoarjo 5 Januari 2021 Pukul 08.30 WIB’
Published
2021-10-08
How to Cite
dan Triana Rosalina Noor, M. M. M. R. I. (2021). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19: Bahasa Indonesia. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 697-710. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v4i2.4335
Section
Articles