Penggunaan Media Belajar Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19

Bahasa Indonesia

  • Dian Hidayatullah, Anton dan Muhajir Musa
Keywords: Kualitas, Media Online, Pembelajaran daring, pandemic

Abstract

Kualitas pendidikan saat ini tengah mengalami tantangan sebagai dampak mewabahnya virus Covid-19. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, pendidik harus mencari cara bagaimana agar tetap bisa menyampaikan materi pembelajaran dan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah yang digunakan oleh  guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Daring. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah guru dilatih dan melakukan In House Training (IHT), menggunakan sistem guru asuh, dan menerapkan pembelajaran secara bersilang. Penggunaan tehnik-tehnik tersebut dinilai sangat tepat disaat kondisi pandemi covid-19.dengan menggunakan media media tersebut disaat pandemic dapat tercapai indikator kualitas pembelajaran yaitu adanya interaksi (aktivitas) guru dan siswa, media pembelajaran sesuai dengan iklim pembelajaran, dan tercapainya tujuan pembelajaran.

References

Anshorulloh. (2008). “Efektifitas Metode Mnemonik dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Meteri Pelajaran Sejarah di MTs Persiapan Negeri Kota Batu”. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam negeri Malang. Malang
Azka, Millati. (2018). “Efektifitas Model Problem Based Learning Dengan Permainan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Empu Tantular Semarang Pada Materi Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan”. Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Semarang.
Hidayah, L.F. (2014). “Penerapan Game Puzzle Untuk Meningkatkan Daya Ingat/Memori Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPA Di MAN Kota Kediri 3”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang.
Kusumah, W., Dedi, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Indeks. Jakarta Barat.
Makhfudin. (2008). “Upaya Peningkatan Daya Ingat Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Pemberian Tugas dengan Umpan Balik (PTK Di SMPN 2 Nogosari Boyolali)”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Marcellina, Evi. (2014). “Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV MI Mambaul Ulum Tirtomoyo Pakis Malang”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang.
Miles Huberman, (1992), Analisis data kualitatif, Universitas Indonesia press. Jakarta
Ratnaningsih, T. (2010). “Penggunaan Evaluasi Word Search Puzzle Untuk Meningkatkan Kekayaan Kosa Kata Biologi Siswa Pada Pokok Bahasan Zat Additif Dan Psikotropika Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009”. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Rosaliza Mita, (2015), “Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif”, Jurnal Ilmu Budaya, Vol. 11, No. 2
Sholikhah, R., Khoirul A., Ika A. (2019). “Penerapan permainan Congklak untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan pada Anak Kelompok B1 RA Tarbiyatus Shibyan Kucur Dau Kabupaten Malang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2) Tahun 2019.
Sugiyono, (2015),Metode Penelitian Kombinasi, (Mix Methods),Alfabeta. Bandung
Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Syarfiah. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) pada Anak Tunanetra Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa SMP Luar Biasa Asuhan Kasih Kupang Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kupang. Kupang.
Wahyuni, Sry. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Word Search Puzzle Pada Kelas X IPS SMA Negeri 16 Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6 (3) : 336 – 342.
Published
2021-11-20
How to Cite
Muhajir Musa, D. H. A. dan. (2021). Penggunaan Media Belajar Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19 : Bahasa Indonesia. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 711-722. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v4i2.4438
Section
Articles