Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Siswa Kelas IXA SMPN 1 Sakra Barat Masa Covid-19 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

Bahasa Indonesia

  • Sih Rohaniah
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran STAD, Covid 19

Abstract

Pandemi Covid-19 telah berpengaruh besar dalam bidang pendidikan, sebab demi menghentikan penyebaran virus Covid-19 semua siswa dan guru diwajibkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) dari rumah. Sebagai penentu majunya pendidikan di suatu negara maka guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode pembelajaran yang tepat agar kualitas hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Penelitian studi kepustakaan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa dengan menggunakan metode STAD di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan sebuah jenis penelitian yang memanfaatkan data kualitatif kemudian diuraikan secara deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif ini menggambarkan kondisi yang sebenarnya tanpa memberikan perlakuan atau memanipulasi variabel maupun data yang diteliti. Pada penelitian ini hasil analisis yang dilakukan oleh penulis yaitu setelah menerapkan metode STAD di masa pandemi Covid-19 maka terjadi peningkatan kualitas hasil belajar yang optimal. Hal ini membuktikan bahwa metode STAD berdampak positif terhadap pembelajaran siswa yaitu dapat dilihat dari tingkat partisipasi, interaksi, hasil kuis dan tes, serta hasil tugas kerja kelompok. Selain itu, secara umum siswa juga menyukai penerapan metode STAD ini karena dianggap banyak memberikan manfaat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu metode STAD merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir kritis, menjawab pertanyaan, berbagi pendapat dan meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar sehingga dapat meningkat kualitas hasil belajarnya.

References

Abdurrahman, M. (2014). Penerapan Strategi Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Nahwu Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 21(2), 215–226.
Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126–139.
Arisanti, D. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif pada Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Learning – Barkah Lestari. 5(2), 145–153.
Muhlis. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 12–24.
Muslich, M. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nur, Mohammad. (2000). Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Model Pembelajaran Kontruktivisme dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Pitasari, D. E., Maryani, I., & Purwanto. (2011). Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe STAD dengan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Pucung. 270–279.
Pujiono, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VB Sdn 047 Tarakan. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 198–203.
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group.
Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Published
2021-11-20
How to Cite
Rohaniah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Siswa Kelas IXA SMPN 1 Sakra Barat Masa Covid-19 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 : Bahasa Indonesia. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 723-732. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v4i2.4440
Section
Articles