Implementasi Pembelajaran PAI dalam Penguatan Karakter Religius dan Sikap Peduli Sosial Siswa di SMA Negeri 2 Masbagik

Bahasa Indonesia

  • Ali Fathurrahman dan Remanda Nadia Tamara
Keywords: Implementasi Pembelajaran PAI, Karakter Religius, Sikap Peduli Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Perencanaan pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik, (2)Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik, (3)Evaluasi pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisa data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, Display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1)Perencanaan pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik dilakukan melalui penyusunan silabus, sosialisasi silabus dan penyusunan RPP. (2)Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik dilakukan melalui kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler. (3)Evaluasi pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik dilakukan melalui penilaian autentik, penilaian acuan kriteria dan hasil akhir pembelajaran.Tesis ini menyimpulkan bahwa implementasi PAI dalam penguatan karakter religus dan sikap peduli sosial adalah proses membentuk, mentransformasikan dan  mengembangkan potensi anak didik di seluruh Indonesia agar senantiasa berpikir baik, berhati baik dan berperilaku baik.

References

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. 2000.
Esti Zaduqisti, “Problem Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar”, Forum Tarbiyah, 8, No. 2 (Desember, 2010):185.
Fathurrahman, Pupuh. Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: PT Refika Aditama. 2013.
Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo. 2010.
Kurniawan, Surya. Pendidikan Karakter Yogyakarta: Ar Ruzz Media. 2013.
Lickona, Thomas. Character Matters Persoalan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2012.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2005.
Marzuki. Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: Amzah. 2019.
Moeloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya. 2012.
Mulyasa, E. Manajememen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2013.
Peraturan Menteri Agama No. 16 tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017, Penguatan Pendidikan Karakter, Bab 1 Ketentuan Umum Pasal 2
Reza Armin Abdillah Dalimunthe, “Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMPN 9 Yogyakarta”, Jurnal Pendidikan Karakter, V no 1 (April, 2015): 105.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Rosdakarya. 2013.
Setiawan, David Firna. Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish. 2008.
Sujana, Wayan, “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan Dasar 4, No. 1 April 2015: 29.
Sumardi. Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar, Yogyakarta: CV Budi Utama. 2020.
Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2016.
Taufik, Muhammad. Kreativitas Jalan Baru Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta. 2012.
Usman, Husain. Manajemen Teori Praktek dan Riset Pebdidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2006.
Wardoyo, Sigit Mangun. “Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Menuju Generasi Emas 2045 yang religius,” Tadris 10, No. 1 Juni 2015: 94.
Published
2021-11-22
How to Cite
dan Remanda Nadia Tamara, A. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PAI dalam Penguatan Karakter Religius dan Sikap Peduli Sosial Siswa di SMA Negeri 2 Masbagik: Bahasa Indonesia. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 733-749. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v4i2.4443
Section
Articles