Diagnosis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Pada Bidang Menulis Karangan Siswa Kelas IX di SMPN 1 Jerowaru Tahun Pembelajaran 2018/2019

  • Munzir Munzir SMPN 1 Jerowaru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui beberapa kesulitan belajar bahasa Indonesia dalam materi menulis karangan siswa kelas IX di SMPN 4 Jerowaru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan analisis hasil penelitian melalui uji statistik. Berdasarkan hasil analisis data dengan teknik persentase, maka dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa mempelajari bahasa Indonesia pada bidang menulis karangan dapat disimpulkan sebagai berikut: (a). Pada sub pokok bahasan pengertian dan bagian-bagian mengarang menunjukkan 54,54 % cukup besar mengalami kesulitan. (b). Pada sub pokok bahasan menentukan tema dan judul dapat diklasifikasikan bahwa siswa yang menjawab salah adalah 36,36 %, menggambarkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan. (c). Pada sub pokok bahasan mengembangkan kerangka karangan yang dalam hal ini 64,06 % sebagian besar siswa mengalami kesulitan. (d). Pada sub pokok bahasan penggunaan ejaan dan tanda baca terlihat 54,54% pada umumnya siswa mengalami kesulitan. (e). Pada sub pokok bahasan pilihan kata/diksi terdapat 65,36 %, sub pokok bahasan kalimat efektif sebanyak 46,10 %, dan pada sub pokok bahasan paragraf sebanyak 65,12 %,  % menunjukkan siswa pada umumnya mengalami kesulitan. Oleh karena itu, jelaslah bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan pada setiap sub pokok bahasan bidang menulis karangan.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.Anjin, Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Arindito, Suryandaru. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: PT. Aneka Ilmu.

Bahasa dan Sastra Indonesia berdasarkan kurikulum 1984 IKIP Malang, Edisi Baru.

G.B. Yuwono, Tata Isyanto. 1995. Pedoman Umum Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD).

Hanafie, Ahmad. 1984. Diktat Pelajaran Bahasa Indonesia. Mataram.

Hasan, Alwi. Dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Khirjan Nahdi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan.

Kurikulum Pembelajaran 2004.

Mohzana. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan.

Makmun, Abidin Syamsuddin. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Rosda.

Nasir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Nasution, M. Thomas. 2001. Buku Penuntun Pembuat Tesis, Skripsi, Disertasi, Makalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Rosda.

. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suhadi. 1991. Memenangkan Lomba Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.

Sabasti, Akhadiah, M. dkk. 1994. Modul 1-6 Bahasa Indonesia.

Tarigan, Henry Guntur. 1981. Keterampilan Berbicara. Bandung: PT Angkasa.

Wijaya, Marlina. Dkk. 2001. Intisari Bahasa Indonesia. Edisi Revisi.
Published
2019-10-11
How to Cite
Munzir, M. (2019). Diagnosis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Pada Bidang Menulis Karangan Siswa Kelas IX di SMPN 1 Jerowaru Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 167-199. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v2i1.3662
Section
Articles