Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode cooperative Learning Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 1 Jerowaru Tahun Pembelajaran 2018/2019

  • Nursam Nursam SMPN 1 Jerowaru

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dengan penerapan metode cooperatif learning. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan karena dalam proses pembelajaran masih ditemukan masalah atau hambatan terhadap guru maupun siswa yang melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus ke dua, dimana dalam setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, obsevasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksaanakan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Jerowaru pada semester ke dua tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data pada siklus satu dan siklus dua menggunakan tes subyektif atau pilihan ganda  yang dibuktikan dengan analisis serta hasil dari observasi yang membantu peneliti dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian di lokasi penelitian mengalami peningkatan sebesar 37%. Hasil belajar siswa rata-rata mencapai 62 menjadi 89 hasil ini mengalami peningkatan sebesar 27%.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.Anjin, Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional. Bandung: PT. Rineka Cipta.
A. Malik Fadjar. 1999. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.
Andayani, dkk. 2010. Pemantapan Kemampuan Profesioanl. Jakarta: Universitas Terbuka,
Aswani, Zainul. 2005. Komputer dan media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
BNSP. 2006. Standar isi Kompetensi dasar mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan SD Kelas V. Jakarta: Erlangga.
Gatot, Muhsetyo dkk. 2007. Pembelajaran PKn. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyani, Sumantri, dan Nana Syodih. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Samsudin, Abin. 2004. Profesi Keguruan 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suciati, dkk. 2004. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakata: Universitas Terbuka.
Wardani, I.G.A.K. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Wahyudi Duin, dan Supaiyati, Ishak. 2001. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winartaputra, Udin s.dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran PKn SD Jakarta: Universitas Terbuka.
Winataputra , dkk. 2004. Strategi belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Setiati, Rahayuningsih Fajar. 2008. PKn SD/MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Published
2019-10-11
How to Cite
Nursam, N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode cooperative Learning Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 1 Jerowaru Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 146-161. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v2i1.3663
Section
Articles