MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM MASA KLASIK

  • Fathurrahman Fathurrahman
Keywords: Kata kunci, Masjid, Halaqah, Syaikh, Tafsir, Fiqh, Hadits, Madrasah

Abstract

AbstrakTumbuh dan berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan islam sejak masa klasik hingga masa modern tidak dapat dilepaskan dari sejarah masjid sebagai institusi awal dalam pendidikan islam klasik. Sebagai institusi pertama yang dibangun untuk mendidik umat setelah hijrah ke madinah, nabi menjadikan masjid sebagai basis utama lahirnya peradaban madani. Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah  namun juga menjalani fungsi sosial, budaya, politik dan keamanan. Di masjid inilah pendidikan agama dalam bentuk yang paling dasar diberikan dan berkembang menjadi pusat kajian beragam keilmuan Islam dengan pengajar dari para sahabat utama dengan sistem pengajaran halaqah yang berkembang hingga sekarang pada pondok pesantren modern. Pesatnya perkembangan zaman mengakibatkan masjid bertransformasi menjadi madrasah dan mengakibatkan fungsi masjid direduksi menjadi tempat ibadah semata.  Upaya mengembalikan fungsi dan peran masjid sebagai pusat peradaban pada masa modern kembali marak dilakukan dengan harapan munculnya peradaban baru yang berbasis pada masjid.

References

DAFTAR PUSTAKA

Armai Arief (ed.), Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Klasik, Bandung: Angkasa, 2014.
Charles Michael Stanton, Pendidikan Tinggi dalam Islam, terj. H. Affandi dan Hasan Asy’ari, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1994.
George Maqdisi, The Rise of Colleges: Institution of Learning in Islam and the West, Edinburgh: Edinburgh University Press: 1981.
Hasan Langgulung, Pendidikan Islam Menghadapi Abad Ke-21, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1988.
Hasarudin, “Madrasah pada Masa Islam Klasik : Analisis Historis atas Metode yang Digunakan,” Hunafa: Jurnal Studia Islamika vol. 8, No. 1 Juni 2011.
Husain Heriyanto, Menggali Nalar Saintifik Peradaban Islam, Bandung: Mizan, 2011.
Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Hidakarya Agung, 1989.
Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Mehdi Nakosteen, Kontribusi Islam Atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam, terj. Joko S. Kahhar, Surabaya: Risalah Gusti, 1995.
Muhammad Munir Mirsi, al-Tarbiyah al-Islamiyah, Kairo: Dar al-Kutub, 1982.
Saleh Zaimeche, Education in Islam The Role of the Mosque, United Kingdong: Foundation for Science Technologi and Civilation, 2002.
Published
2015-06-07